Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Role Playing Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Dimasa Pandemi Covid-19

Shofira, Mega Yuniar, d0118015 (2022) Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Role Playing Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Dimasa Pandemi Covid-19. skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.

[img] Text
JURNAL_SHOFIRA MEGA YUNIAR.pdf

Download (745kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui tingkat kepercayaan diri siswa kelas X Perhotelan di SMK Sahid Surakarta. 2) untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik role playing untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa dimasa pandemi covid-19 di SMK Sahid Surakarta. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimental dengan desain penelitian Pre-test Post-test Control Group Design. Dalam metode ini terdapat dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Sampel penelitian sebanyak 14 siswa dengan menggunakan purposive sampling sebagai teknik pengambilan sampel. Metode pengumpulan data menggunakan skala kepercayaan diri dan wawancara. Hasil analisis data dengan uji paired sample t test menunjukan nilai thitung > ttabel yaitu 16.166 > 3.499. Selain itu nilai Sig (2-tailed) menunjukan angka 0.000 < 0.01. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang sangat signifikan antara hasil rata-rata pre-test kelompok eksperimen dengan hasil rata-rata post-test kelompok eksperimen, sehingga hasil analisisnya adalah Ho ditolak Ha diterima.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Fredi Yulianto A.Md.S.I
Date Deposited: 17 Oct 2022 06:24
Last Modified: 31 Aug 2023 07:22
URI: http://repository.utp.ac.id/id/eprint/186

Actions (login required)

View Item View Item