Arif Rohman Hakim, - and Kodrad Budiyono., S.Pd, M.Or, NIDN. 0619068401 and Agustanico Dwi Muryadi, S.Pd., M.Pd, 0604088702 and Rima Febrianti, - and Karlina Dwi Jayanti, - and Aan Budi Santoso, - PERAN ORANG TUA DALAM MENDUKUNG KEGIATAN BELAJAR ANAK SEKOLAH DASAR KELAS BAWAH. jurnal ilmiah spirit.
Text
3661-Article Text-520531111-1-10-20240703 (2).pdf.pdf Download (218kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran orang tua dalam membantu anak sekolah dasar di kelas rendah dalam belajar. Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif deskriptif yang menggunakan teknik pengumpulan data seperti observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi, penyampaian, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua berperan sebagai pendukung pembelajaran dengan bertindak sebagai mentor, penghubung antara guru dan anak, dan penyedia layanan pendukung. Selain itu, ada beberapa hambatan dalam pelaksanaannya, seperti orang tua yang tidak memahami materi pembelajaran dan kecenderungan anak untuk menurunkan motivasinya. Oleh karena itu, orang tua berusaha mencari berbagai sumber untuk mendorong anak dan meningkatkan pemahaman mereka.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > jasmani dan kesehetan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Ikawati Hadi Utami A.Md |
Date Deposited: | 27 Sep 2024 05:51 |
Last Modified: | 27 Sep 2024 05:51 |
URI: | http://repository.utp.ac.id/id/eprint/2155 |
Actions (login required)
View Item |