Eny Kusumawati, - (2025) Analisis Pengaruh Teknik Role Play dalam Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Self Esteem Siswa: Studi Eksperimen Dengan Pendekatan Kuatitatif. Analisis Pengaruh Teknik Role Play dalam Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Self Esteem Siswa: Studi Eksperimen Dengan Pendekatan Kuatitatif, 9 (3). ISSN 2541-6782
![]() |
Text
Analisis Pengaruh Teknik (1).pdf Download (8MB) |
Abstract
Self-esteem adalah aspek penting dalam perkembangan psikologis siswa yang berpengaruh terhadap keberhasilan masa depan. Namun, banyak siswa mengalami self-esteem rendah yang menghambat perkembangan pribadi mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik role play dalam meningkatkan self-esteem siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen one group pre-test post-test. Sampel terdiri dari 10 siswa kelas VIII.3 SMP Negeri 3 Surakarta yang dipilih melalui purposive sampling berdasarkan hasil angket awal. Intervensi dilakukan dalam empat sesi selama 60 menit. Data dikumpulkan melalui wawancara, angket, dan observasi, serta dianalisis menggunakan uji Paired Sample t-Test. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan pada selfesteem siswa (thitung > ttabel yaitu 15.195 > 1.8331; Sig. 0,000 < 0,05), dengan rata-rata skor meningkat dari 96,8 menjadi 146. Temuan ini menunjukkan bahwa layanan bimbingan kelompok teknik role play efektif meningkatkan self-esteem siswa. Teknik ini dapat diadopsi oleh guru bimbingan konseling sebagai strategi untuk mendukung perkembangan psikologis siswa. Kata kunci : bimbingan kelompok, role play, self esteem
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | bimbingan kelompok, role play, self esteem |
Subjects: | Pendidikan > Bimbingan dan Konseling Pendidikan > jasmani dan kesehetan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Arif Budi Noviyanto A.Md S.I |
Date Deposited: | 19 Aug 2025 03:51 |
Last Modified: | 19 Aug 2025 03:54 |
URI: | http://repository.utp.ac.id/id/eprint/2223 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |