Pelaksanaan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Modeling Symbolic Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Bertanya Di Dalam Kelas Siswa Di SD Al-Islam 2 Jamsaren Surakarta

Eny Kusumawati, - (2025) Pelaksanaan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Modeling Symbolic Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Bertanya Di Dalam Kelas Siswa Di SD Al-Islam 2 Jamsaren Surakarta. Pelaksanaan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Modeling Symbolic Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Bertanya Di Dalam Kelas Siswa Di SD Al-Islam 2 Jamsaren Surakarta, 8 (1). pp. 232-234. ISSN 25416782

[img] Text
Pelaksanaan Bimbingan up.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pelaksanaan bimbingan kelompok teknik modeling symbolic untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa bertanya didalam kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik penelitian Pre-exsperimental design. Pre-exsperimental design ini didalamnya menggunakan one grup pretest – posttest design. Sample dalam penelitian ini berjumlah 32 siswa. Analisis data dalam penelitian ini adalah Uji Paired Sample T-Test. Hasil dari penelitian ini adalah pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan teknik modeling symbolic dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa bertanya di dalam kelas, hal ini dibuktikan berdasarkan perhitungan uji paired sampel t-test didapatkan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 (< 0,05) dan t hitung sebesar 10,02 dengan derajat kebebasan (df) 31 diperoleh nilai t tabel sebesar 1,69. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa t hitung > t table yang artinya ada pengaruh pemberian layanan bimbingan kelompok dengan teknik modeling symbolic terhadap tingkat kepercayaan diri siswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: bimbingan kelompok, modeling, symbolic
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Arif Budi Noviyanto A.Md S.I
Date Deposited: 29 Aug 2025 03:08
Last Modified: 29 Aug 2025 03:10
URI: http://repository.utp.ac.id/id/eprint/2225

Actions (login required)

View Item View Item