Eny Kusumawati, - (2025) Pelaksanaan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Modeling Symbolic Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Bertanya Di Dalam Kelas Siswa Di SD Al-Islam 2 Jamsaren Surakarta. Pelaksanaan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Modeling Symbolic Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Bertanya Di Dalam Kelas Siswa Di SD Al-Islam 2 Jamsaren Surakarta, 8 (1). pp. 232-234. ISSN 25416782
![]() |
Text
Pelaksanaan Bimbingan up.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pelaksanaan bimbingan kelompok teknik modeling symbolic untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa bertanya didalam kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik penelitian Pre-exsperimental design. Pre-exsperimental design ini didalamnya menggunakan one grup pretest – posttest design. Sample dalam penelitian ini berjumlah 32 siswa. Analisis data dalam penelitian ini adalah Uji Paired Sample T-Test. Hasil dari penelitian ini adalah pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan teknik modeling symbolic dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa bertanya di dalam kelas, hal ini dibuktikan berdasarkan perhitungan uji paired sampel t-test didapatkan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 (< 0,05) dan t hitung sebesar 10,02 dengan derajat kebebasan (df) 31 diperoleh nilai t tabel sebesar 1,69. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa t hitung > t table yang artinya ada pengaruh pemberian layanan bimbingan kelompok dengan teknik modeling symbolic terhadap tingkat kepercayaan diri siswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | bimbingan kelompok, modeling, symbolic |
Subjects: | Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Arif Budi Noviyanto A.Md S.I |
Date Deposited: | 29 Aug 2025 03:08 |
Last Modified: | 29 Aug 2025 03:10 |
URI: | http://repository.utp.ac.id/id/eprint/2225 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |