PENERAPAN METODE ROLE PLAYING DENGAN MEDIA BONEKA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS III SD NEGERI SAYANGAN LAWEYAN SURAKARTA

AWIBI, NUR AFIFAH (2022) PENERAPAN METODE ROLE PLAYING DENGAN MEDIA BONEKA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS III SD NEGERI SAYANGAN LAWEYAN SURAKARTA. skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.

[img] Text
Skripsi Awibi Nur Afifah-DO318019 (PGSD) edit.pdf

Download (714kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara menggunaka metode Role Playing dengan media boneka pada siswa kelas III SD Negeri Sayangan Laweyan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SD Negeri Sayangan Laweyan Surakarta tahun ajaran 2021/2022 dengan jumlah siswa 24 siswa terdiri dari 10 laki-laki dan 14 perempuan. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes unjuk keterampilan berbicara berupa tes bercerita. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian tidakan kelas ini menunjukan bahwa hasil rata-rata aktivitas siswa prasiklus sebesar 47,58% atau masuk kategori cukup baik. Setelah menerapkan pembelajaran dengan metode role playing berbantu media boneka tangan mengalami peningkatan rata-rata siklus I sebesar 69,04% atau masuk kategori baik. Sedangkan, pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 86,77% atau masuk kategori sangat baik. Peningkatan nilai rata-rata ketuntasan tes unjuk keterampilan berbicara siswa yang diperoleh pada prasiklus sebesar 20,21 aspek pelafalan, 17,29 intonasi, 11,25 gerak tubuh dan 11, 25 isi cerita dengan hasil rata rata sebesar 60 atau masuk kategori cukup terampil. Pertemuan ke-2 pada aspek pelafalan 20,63, intonasi 18,12, gerak tubuh 11,87, isi cerita 11,25 dennan hasil rata rata sebanyak 61,87 atau msuk kategori cukup baik. Sedangkan pada siklus I mengalami peningkatan rata�rata setelah menggunakan metode Role Playing dengan media boneka tangan sebesar 23,54 aspek pelafalan, 19,58 intonasi, 14,37gerak tubuh dan 15 isi cerita dengan hasil rata rata sebesar 72,5 atau masuk kategori cukup terampil. Pertemuan ke-2 pada aspek pelafalan 25,21, intonasi 20,62, gerak tubuh 15,83, isi cerita 15 dengan hasil rata rata sebanyak 76,87 atau masuk kategori sangat terampil. Nilai rata rata siklus II mengalami peningkatan sebesar 26,04 aspek pelafalan, 22,71 intonasi, 17,5 gerak tubuh dan 16 isi cerita dengan hasil rata rata sebesar 82,25 atau masuk kategori sangat terampil. Pertemuan ke-2 pada aspek pelafalan 27,29, intonasi 24,79, gerak tubuh 18,33, isi cerita 17 dengan hasil rata rata sebanyak 89,42 atau musuk kategori sangat terampil. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan metode role playing dengan media boneka dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas III SD Negeri Sayangan Laweyan Surakarta.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Berbicara, Metode role playing, Media boneka
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Fredi Yulianto A.Md.S.I
Date Deposited: 18 Nov 2022 06:25
Last Modified: 18 Nov 2022 06:25
URI: http://repository.utp.ac.id/id/eprint/337

Actions (login required)

View Item View Item