EVALUASI KONDISI JALAN PERKERASAN KAKU DENGAN METODE PEVEMENT CONDITION INDEX (Studi Kasus Jl. Alas Kethu – Tangkil Kab. Wonogiri)

Mukhson Alif Ariyanto, A0118011 (2022) EVALUASI KONDISI JALAN PERKERASAN KAKU DENGAN METODE PEVEMENT CONDITION INDEX (Studi Kasus Jl. Alas Kethu – Tangkil Kab. Wonogiri). skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.

[img] Text
JURNAL EVALUASI TINGKAT KERUSAKAN JALAN PERKERASAN (2) edit.pdf

Download (877kB)

Abstract

Penelitian Kondisi Perkerasan Jalan Dengan Metode PCI (Pavement Condition Index), study kasus Ruas Jalan Wonogiri – Karanganyar, Wonogiri STA 0+000 – 2+000. Tugas akhir, progam sarjana Teknik Sipil, jurusan Teknik Sipil fakultas Teknik Universitas Tunas Pembangunan Surakarta (UTP). Jalan raya adalah salah satu prasarana yang mempercepat atau mempermudah pertumbuhan dan perkembangan suatu daerah serta akan membuka hubungan sosial, ekonomi dan budaya antar daerah. Namun, karena sering sekali mengalami kerusakan. Oleh karena itu perlu dilakukan tinjauan ulang, untuk dapat mengetahui kerusakan dan jenis penangan pada kerusakan dan memperkecil biaya operasional, sehingga memberikan keamanan bagi pengguna jalan. Pengamatan yang dilakukan pada jalan Wonogiri – Karanganyar, STA 0+000 – 2+000 dengan panjang 2 km ini bertujuan untuk melakukan penilaian kondisi jalan dengan menggunakan metode Pavement Condition Insex (PCI) dengan membagi jalan dengan beberapa segmen yaitu tiap segmen 50 m kemudian tiap segmen dijalan dilakukan mengamatan (secara visual) dan pengukuran umtuk mengidentikasi jenis kerusakan yang ada dan melakukan penelitian sesuai dengan metode PCI. Setelah itu mendapatkan rata-rata PCI kerusakan keseluruhan jalan menunjukan angka 74,25 (Baik). Setelah itu dilakukan penanganan dengan mengunakan metode PPK dan di ketahui entimasi jumlah harga upaya penanganannya yaitu Rp.646.494.563. Dari hasil pengamatan di peroleh jenis- jenis kerusakan berupa Coner break, Devided slab, Pothole, Linier crack, Patching (small), Spailing Joint, Polished Agregat. Kerusakan ini terjadi pada beberapa segmen saja dan dilakukan perbaikan berdasarkan jenis kerusakan yang ada. Kerusakan ini hanya terjadi pada beberapa segmen saja dan dilakukan perbaikan berdasarkan jenis kerusakan yang ada. Yaitu pengisian retak, Penutupan celah sambungan, Tambalan, Lapis perata, rekronstruksi setempat, Rekonstruksi.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kerusakan Jalan, (PCI),Perbaikan
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Fredi Yulianto A.Md.S.I
Date Deposited: 23 Nov 2022 02:38
Last Modified: 30 Aug 2023 04:49
URI: http://repository.utp.ac.id/id/eprint/394

Actions (login required)

View Item View Item