PENERAPAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) TEHADAP KINERJA KARYAWAN DAN KEPUASAN KONSUMEN DI TSTJ JEBRES KOTA SURAKARTA

RETNO PURBO ASMORO, NIM :C0117035 (2022) PENERAPAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) TEHADAP KINERJA KARYAWAN DAN KEPUASAN KONSUMEN DI TSTJ JEBRES KOTA SURAKARTA. skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.

[img] Text
naskah publikasi Retno.pdf

Download (4MB)

Abstract

Adanya Total Quality Management (TQM) akan membuat perusahaan lebih berorientasi kepada kepuasan pelanggan. Penerapan Total Quality Management (TQM) dapat dilakukan dengan baik maka seharusnya penerapan kinerja operasional pada organisasi juga dijalankan dengan baik. Tujuan penelitian ini yaitu (1) Untuk menguji dan menjelaskan pengaruh TQM terhadap kepuasan pelanggan (2). Untuk menguji dan menjelakan pengaruh TQM terhadap kinerja operasional karyawan (3). Untuk menguji dan menjelaskan dampak kinerja operasional dalam memediasi pengeruh TQM terhadap kepuasan pelanggan Penelitian ini dilakukan di Taman Satwa Taru Jebres (TSTJ) Kota Surakarta. dengan subjek penelitian adalah para karyawan dan para pelanggan. Mengingat masih dalam kondisi pandemic covid 19, maka dalam penelitian ini digunakan sampel karyawan sebanyak 40 dan pelanggan sebanyak 40 orang. Adapun ketentuan pengambilan sampel berdasarkan pada teori Roscoe. Hasil penelitian ditemukan bahwa 1) penerapan TQM berpengaruh terhadap kepuasan konsumen dan kinerja operasional karyawan 2) kinerja operasional berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan 3) Kinerja opersional memediasi pengaruh penerapan TQM terhadap kepuasan konsumen. Dengan demikian dapat simpulkan bahwa terdapat pengaruh tidak langsung yang lebih baik dari penerapan TQM terhadap kepuasan konsumen apabila melalui mediasi kinerja operasional karyawan.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: TQM, kinerja operasional, dan kepuasan konsumen
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Fredi Yulianto A.Md.S.I
Date Deposited: 24 Nov 2022 06:11
Last Modified: 24 Nov 2022 06:11
URI: http://repository.utp.ac.id/id/eprint/440

Actions (login required)

View Item View Item