PERBEDAAN PENGARUH METODE INTERVAL DAN KONTINYU TERHADAP KEMAMPUAN PASSING BAWAH BOLAVOLI PADA SISWA PUTRI EKSTRAKURIKULER SMP NEGERI 1 WIDODAREN KABUPATEN NGAWI TAHUN 2021

FICHA CANDRA CHRISTANTI, D0217116 (2022) PERBEDAAN PENGARUH METODE INTERVAL DAN KONTINYU TERHADAP KEMAMPUAN PASSING BAWAH BOLAVOLI PADA SISWA PUTRI EKSTRAKURIKULER SMP NEGERI 1 WIDODAREN KABUPATEN NGAWI TAHUN 2021. skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.

[img] Text
SKRIPSI Ficha edit.pdf

Download (856kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui perbedaan pengaruh metode interval dan kontinyu terhadap kemampuan passing bawah bolavoli pada siswa putri ekstrakurikuler SMP Negeri 1 Widodaren, Kabupaten Ngawi Tahun 2021. (2) untuk mengetahui latihan mana yang berpengaruh lebih baik terhadap kemampuan passing bawah bolavoli pada siswa putri ekstrakurikuler SMP Negeri 1 Widodaren, Kabupaten Ngawi Tahun 2021. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa putri ekstrakurikuler SMP Negeri 1 Widodaren, Kabupaten Ngawi Tahun 2021 yang berjumlah 32 siswa, dengan teknik pengambilan sampling yang digunakan adalah total sampling. Sampel dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok 1 sebanyak 16 siswa, mendapat perlakuan metode interval dan kelompok 2 sebanyak 16 siswa, mendapat perlakuan metode kontinyu. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan pengukuran menggunakan petunjuk tes keterampilan passing bawah bolavoli. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis statistik menggunakan uji t pada taraf signifikansi 5%, untuk memenuhi asumsi hasil penelitian dilakukan uji prasyarat analisis yaitu dengan uji normalitas, uji homogenitas, uji perbedaan dan persentase peningkatan. Berdasarkan hasil analisis data, maka penelitian ini menghasilkan simpulan sebagai berikut: (1) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara metode interval dan kontinyu, Hal ini dibuktikan dari hasil penghitungan tes akhir masing-masing kelompok yaitu thitung = 3,283 lebih besar dari pada ttabel = 2,131 dengan taraf signifikansi 5%. (2) metode kontinyu lebih baik pengaruhnya dari pada interval, dilihat berdasarkan dari hasil persentase peningkatan kemampuan passing bawah yang menunjukkan bahwa kelompok 1 sebesar 17,96% < kelompok 2 sebesar 32,19%.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bolavoli, Passing Bawah, Metode Interval, Metode Kontinyu, Tes Keterampilan Passing Bawah Bolavoli
Subjects: Pendidikan > Kepelatihan Olahraga
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Fredi Yulianto A.Md.S.I
Date Deposited: 13 Dec 2022 03:39
Last Modified: 13 Dec 2022 03:39
URI: http://repository.utp.ac.id/id/eprint/562

Actions (login required)

View Item View Item