SRI, YUNIATI PENGEMBANGAN MEDIA VISUAL PETA PERSEBARAN SUMBER DAYA ALAM INDONESIA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KELAS IV DI SD NEGERI SAYANGAN NO. 244 LAWEYAN SURAKARTA. SKRIPSI PGSD.
Text
Artikel Skripsi SRI YUNIATI D0317022.pdf Download (545kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk menghasilkan media pembelajaran peta persebaran sumber daya alam Indonesia, (2) untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran peta persebaran sumber daya alam Indonesia untuk materi kelas IV tema 9 subtema 2 pembelajaran 1 muatan pelajaran IPS, (3) untuk mengetahui respon pendidik tentang media pembelajaran peta persebaran sumber daya alam Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan. Pada metode penelitian yang dilakukan peneliti menggunakan tahap penelitian yaitu (1) tahap pencarian potensi dan masalah, (2) tahap pengumpulan data, (3) tahap desain produk, (4) tahap validasi desain, (5) tahap revisi desain, (6) tahap uji coba produk, (7) tahap revisi produk. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, didapatkan tiga hasil validasi untuk produk yang dikembangkan yaitu (1) validasi media mendapatkan skor 3,81 dengan kriteria valid dan tidak revisi, (2) validasi materi mendapatkan skor 3,73 dengan kriteria valid dan tidak revisi, (3) validasi bahasa mendapatkan skor 3,45 dengan kriteria valid dan tidak revisi. Pada uji coba produk yang dilakukan mendapatkan skor 3,73 dengan kriteria sangat menarik. Kesimpulan pada penelitian ini adalah produk yang dikembangkan peneliti telah layak untuk diuji cobakan karena mendapatkan penilaian dengan kriteria valid dari validator ahli dan mendapatkan respon yang baik dari peserta didik.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PA Classical philology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | admin perpustakaan utp |
Date Deposited: | 29 Mar 2023 06:35 |
Last Modified: | 29 Mar 2023 06:35 |
URI: | http://repository.utp.ac.id/id/eprint/66 |
Actions (login required)
View Item |