DONI SEPTIAN, A0117063 and Pembimbing 1 Sumina, S.T., M.T., NIDN. 0613015801 and Pembimbing 2 Teguh Yuono, S.T., M.T., NIDN. 0624096201 (2021) PERENCANAAN PERKERASAN JALAN BETON ( RIGID PAVEMENT) DENGAN METODE AASHTO 1993 ( STUDI KASUS JALAN TELUKAN – PARANGJORO SUKOHARJO ). skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.
Text
TUGAS AKHIR 1-5 ku doni septian edit.pdf Download (268kB) |
Abstract
Perkerasan jalan (Rigid pavement) dengan metode aastho 1993 sangatlah baik digunakan pada jalan yang sering dilewati truk-truk besar sehingga diperlukan perkerasan yang baik agar tidak mudah rusak dan berumur panjang, Dalam pelaksanan pembangunan jalan, untuk menentukan jenis perkerasan yang aman, nyaman dan menggunakan dari sudut teknis maupun ekonomis . Jalan raya adalah salah satu prasarana yang mempercepat atau mempermudah pertumbuhan dan perkembangan suatu daerah serta akan membuka hubungan sosial, ekonomi dan budaya antar daerah. Namun, karena sering sekali mengalami kerusakan. Oleh karena itu perluh dilakukan tinjauan ulang, untuk dapat mengetahui kerusakan dan jenis penangan pada kerusakan dan memperkecil biaya operasional. Dengan demikian perlu dikaji jenis perkerasan mana yang lebih layak dan ekonomis. pengambilan data untuk menentukan perencanaan data-data diambil ruas jalan Telukan-Parangjoro dengan panjang jalan 1,6 km , di antaranya lalu lintas hari Rata-rata (LHR) di lakukan surve pada tanggal 30 mei 2021 dan 10 juni 2021 dilakukan perhitungan lalu lintas yang melewati Telukan-Parangjoro dan surve perhitungan hambatan samping dan kapasitas jalan . Data California Bearing Ratio (CBR) .Sebagai acuan sertai foto-foto jalan yang rusak pada lembar lampiran. Berdasarkan analisa data diambil kesimpulan bahwa perencanaan struktur jalan raya Telukan-Parangjoro pada perkerasannya menggunakan perkerasan kaku (Rigid Pavement. Setelah dilakukan perhitungan berdasarkan data-data diperoleh LHR – Kendaraan/hari/2arah. CBR lapang 6,7 % Dengan bantuan grafik nomogram diperoleh;1) tebal Perkerasan kaku 180 mm, 2) lapisan pondasi bawah 8 cm ( campuran beton kurus ). Dan untuk kebutuhan tulangan didapatkan tulangan memanjang dan melintang Ø10 – 200 mm, untuk gambar perencanaan penulis menggunakan Autocad sebagai sarana menentukan desain berdasarkan perhitungan yang sudah didapatkan. Estimasi Anggaran Biaya (RAB) dari perhitungan tersebut yaitu sebesar : 2.767.465.992
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Jalan, AASTHO 1993, Rigid Pavement |
Subjects: | T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Fredi Yulianto A.Md.S.I |
Date Deposited: | 10 Jan 2023 06:00 |
Last Modified: | 10 Jan 2023 06:00 |
URI: | http://repository.utp.ac.id/id/eprint/665 |
Actions (login required)
View Item |