DEDI MUSTAQIM, A0117096 and Pembimbing 1 Teguh Yuono, S.T., M.T., NIDN. 0626067501 and Pembimbing 2 Suryo Handoyo, ST., MT, NIDN. 0604087301 (2021) ANALISA KONDISI KERUSAKAN JALAN PADA RUAS JALAN TEGALGONDO-COKRO MENGGUNAKAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEK (PCI). skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.
Text
jurnal dedi mustaqim A0117096.pdf Download (685kB) |
Abstract
Jalan merupakan sarana transportasi yang sangat berperan penting dalam mengalirkan arus lalu lintas. Saat ada ruas jalan yang mengalami kerusakan, maka akan berdampak cukup besar pada arus lalu lintas. Kerusakan jalan dapat dianalisis untuk mengetahui penyebabnya dan alternatif penyelesainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis kerusakan jalan dan nilai kondisi perkerasan jalan sehingga dapat menentukan cara perbaikannya, menghitung anggaran biaya yang diperlukan dan kerugian akibat meningkatnya biaya operasional kendaraan, serta menganalisa korelasi antara nilai PCI dengan anggaran biaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Pavement Condition Index (PCI). PCI merupakan indeks numerik yang nilainya berkisar antara 0 sampai 100. Nilai 0 menunjukkan perkerasan dalam kondisi sangat rusak dan nilai 100 menunjukkan perkerasan dalam kondisi sangat sempurna. Hasil kerusakan pada ruas jalan Tegalgondo – Cokro STA 3+00 sampai dengan STA 5+00 KM, Kecamatan Tulung, Kabupaten Klaten dengan panjang 2.0 km dibagi menjadi beberapa segmen dengan ukuran 100 x 5 m per segmennya. Masing-masing segmen dievaluasi dengan mengukur dimensi, identifikasi jenis dan tingkatan kerusakannya untuk mendapatkan nilai PCI. Hasil analisa menunjukkan bahwa kerusakan yang terjadi antara lain adalah Retak Kulit Buaya, Retak Memanjang dan Melintang, Retak Pinggir, Lubang, Tambalan, dan Amblas. Nilai PCI pada ruas jalan tersebut secara keseluruhan yaitu 39.15 dengan kondisi Buruk berdasarkan rating. Jenis pemeliharaan yang dapat dilakukan untuk memperbaiki tingkat layanan jalan sesuai bina marga pada ruas jalan tersebut antara lain laburan aspal setempat, melapisi retak, pengisian retakan, penambalan lubang, dan perataan, sedangkan untuk jenis pekerjaan meliputi perbaikan campuran aspal panas, lapisan macadam dan laburan aspal (BURAS). Jumlah anggaran biaya yang diperlukan untuk menangani kerusakan tersebut adalah Rp. 224.238.098,00. Dari hasil survei yang dilakukan maka dapat disimpulkan perlu adanya perbaikan yang harus segera dilakukan agar kerusakan yang sudah terjadi tidak semakin parah dan perlunya perawatan berkala dalam kontruksi jalan. Serta memberikan saran dan masukan kepada pihak-pihak terkait dengan adanya peneliitian ini.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kerusakan Jalan, Pavement Condition Index (PCI) |
Subjects: | T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Fredi Yulianto A.Md.S.I |
Date Deposited: | 03 Feb 2023 04:20 |
Last Modified: | 03 Feb 2023 04:20 |
URI: | http://repository.utp.ac.id/id/eprint/719 |
Actions (login required)
View Item |