FEBRYAN DWI LISTYO UTAMI, A0117097 and Pembimbing 1 Teguh Yuono, S.T., M.T., NIDN. 0626067501 and Pembimbing 2 Sumina, ST, MT, NIDN. 0611116901 (2021) ANALISA KINERJA SIMPANG BERSINYAL BEJEN KARANGANYAR DENGAN METODE MKJI 1997. skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.
Text
JURNAL.pdf Download (1MB) |
Abstract
Simpang Bejen berada di Kabupaten Karanganyar yang memiliki jumlah penduduk yaitu sebanyak 931.963 jiwa. Simpang Bejen Karanganyar merupakan salah satu daerah kegiatan salah satunya pasar, terminal, ruko-ruko, sekolahan dan SPBU. Seiring dengan tingginya aktifitas masyarakat dikawasan tersebut maka semakin meningkat juga permasalahan-permasalahan lalu lintas seperti kemacetan di Simpang Bejen Karanganyar. Tahapan penelitian ini meliputi pengukuran geometri simpang dan fase sinyal, pengambilan data lalu lintas, perhitungan kapasitas lapangan dengan menggunakan metode MKJI 1997. Penelitian ini dibatasi pada perhitungan volume kendaraan, prosentase kendaraan, tundaan (D), panjang antrian (Ql) dan derajat kejenuhan (ds), serta hitungan Arus Jenuh (S). Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa Simpang Bejen Karanganyar kurang optimal karena berdasarkan hasil Analisa yang didapatkan nilai derajat kejenuhan rata-rata (DS) adalah 1,00. Nilai tundaan total (D) rata-rata adalah 49,06 det/smp.Nilai panjang antrian (Ql) rata-rata adalah 228 m. Alternatif perbaikan yang dipilih yaitu dilakukan pelebaran jalan pada pendekat Timur dan Selatan sebesar 1 m, hasil yang didapat adalah derajat kejenuhan rata-rata (DS) adalah 0,90. Nilai tundaan total (D) rata-rata adalah 37,03 smp/detik. Nilai panjang antrian (Ql) rata-rata adalah 171 m jadi jumlah kendaraan di setiap simpang Bejen dapat menurun. Volume lalu lintas dari arah Utara 867 kend/jam atau 613,4 smp/jam. Selatan 1198 kend/jam atau 853,6 smp/jam. Timur laut 852 kend/jam atau 624 smp/jam. Timur 1652 kend/jam atau 1139,5 smp/jam. Barat 1527 kend/jam atau 992,8 smp/jam. Prosentase lalu lintas dari arah utara yaitu sepeda motor 50%, mobil penumpang 38%, BUS 1%, truk 10% dan kendaraan tak bermotor 1%.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Simpang Bersinyal, Derajat Kejenuhan, Tundaan Panjang Antrian, Volume kendaraan, Prosentase Kendaraan. |
Subjects: | T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Fredi Yulianto A.Md.S.I |
Date Deposited: | 06 Feb 2023 05:53 |
Last Modified: | 06 Feb 2023 05:53 |
URI: | http://repository.utp.ac.id/id/eprint/731 |
Actions (login required)
View Item |