PERENCANAAN PERKERASAN JALAN KAKU (RIGID PAVEMENT) MENGGUNAKAN METODE Pd T-14-2003 PADA RUAS JALAN MOJO TASIKMADU – DAGEN

SURYO BUDI PRAYOGO, A0117104 and Pembimbing 1 Teguh Yuono, S.T., M.T., NIDN. 0626067501 and Pembimbing 2 Suryo Handoyo, ST., MT, NIDN. 0604087301 (2021) PERENCANAAN PERKERASAN JALAN KAKU (RIGID PAVEMENT) MENGGUNAKAN METODE Pd T-14-2003 PADA RUAS JALAN MOJO TASIKMADU – DAGEN. skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.

[img] Text
JURNAL SURYO pdf.pdf

Download (270kB)

Abstract

Jalan Mojo Tasikmadu – Dagen berada di Kecamatan Jaten Kabupaten Karanganyar, memiliki lebar 5 m dan panjang 7,6 km, jalan ini merupakan jalan kabupaten dengan klasifikasi jalan kelas III. Jalan ini berada dikawasan industri, merupakan jalan yang memiliki tingkat kepadatan lalu lintas yang terjadi pada saat pagi dan sore hari, kendaraan berat yang berasal dari industri yang berada dijalan tersebut menyebabkan jalan mudah rusak. Struktur perkerasan yang digunakan saat ini adalah perkerasan lentur atau aspal, perkerasan ini tidak sesuai untuk kendaraan bermuatan berat sehingga direncanakan perkerasan baru yang sesuai dengan kelas jalan tersebut. Perkerasan jalan yang akan digunakan untuk perkerasan struktur jalan baru adalah perkerasan kaku (rigid pavement) yaitu perkerasan yang terdiri dari pelat beton semen dengan tulangan dan bahu jalan diatas lapis perkerasan lama. Tujuan dari perencanaan ini adalah untuk menghitung tebal pelat yang sesuai klasifikasi jalan, agar jalan tidak mudah rusak sehingga lebih tahan lama dengan menggunakan metode Pd T-14-2003 dan menghitung estimasi biaya yang dibutuhkan untuk pembangunan perkerasan kaku. Pengumpulan data dihitung dari suvey lalu lintas untuk menentukan volume kendaraaan dilokasi perencanaan akan tetapi survei dilaksanakan ketika pandemi covid 19 sehingga volume lalu lintas tidak terlalu padat seperti biasanya dan data CBR didapat dari Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Karanganyar, data ini digunakan untuk dasar menghitung tebal pelat perkerasan kaku. Dari hasil perhitungan tebal pelat didapat tebal 18 cm dan biaya yang dibutuhkan untuk perkerasan kaku sepanjang 3,8 km adalah Rp.29.708.985.000,00.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perkerasan kaku, CBR, Pd T-14-2003
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Fredi Yulianto A.Md.S.I
Date Deposited: 06 Feb 2023 06:12
Last Modified: 06 Feb 2023 06:12
URI: http://repository.utp.ac.id/id/eprint/735

Actions (login required)

View Item View Item