CITA, ERIK INDRA (2022) PERBEDAAN PENGARUH LATIHAN METODE PLYOMETRIC STANDING JUMP DAN BOX JUMP TERHADAP KETEPATAN SMASH NORMAL DALAM PERMAINAN BOLA VOLI PADA ATLET PUTRA CLUB SBV ASRI BOYOLALI TAHUN 2021. skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.
Text
abstrak erik.docx Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui perbedaan pengaruh latihan metode plyometric standing jump dan box jump terhadap ketepatan smash normaldalam permainan bola voli pada atlet putraClub SBV Asri Boyolali Tahun 2021, dan jika ada perbedaan maka untuk mengetahui mana yang lebih baik antara latihan metode plyometric standing jump dan box jump terhadap ketepatan smash normaldalam permainan bola voli pada atlet putraClub SBV Asri Boyolali Tahun 2021. Sampel penelitian adalah pada atlet putraClub SBV Asri Boyolali Tahun dengan jumlah 30 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknikPorpusive Sampling. Variabel penelitian ini yaitu Hasil ketepatan smash normaldengan latihan plyometric standing jump danbox jumplangsungsebagai variabel bebas serta hasil ketepatan smash normalvariabel terikat. Rancangan penelitian menggunakanpretest-posttest design. Tes untuk mengetahui ketepatan smash normalmenggunakan tes ketepatan smash normalmenggunakan petunjuk pelaksanaan tes dari Nur Hasan (2001: 157). Metode analisis data penelitian menggunakan rumus t-test yang diperhitungkan menggunakan rumus pendek. Hasilanalisis data maka simpulan diperoleh: (1) Adaperbedaan pengaruh latihan metode plyometric standing jump dan box jump terhadap ketepatan smash normal dalam permainan bola voli pada Atlet Putra Club SBV Asri Boyolali Tahun 2021. Hal ini dibuktikan dari hasil penghitungan tes akhir masing-masing kelompok yaitu thitung = 3.56 lebih kecil dari pada ttabel= 2,145dengan taraf signifikasi 5%. (2) Latihan metode Box Jumplebih baik pengaruhnya daripada metode Plyometric Standing Jump Terhadap Ketepatan Smash NormalDalam Permainan Bolavoli Pada Atlet Putra Club SBV Asri Boyolali Tahun 2021. Berdasarkan persentase peningkatan ketepatan Smash Normal dalam permainan bolavoli menunjukkan bahwa kelompok 1 (kelompok yang mendapat perlakuan dengan Metode Plyometric Standing Jump) adalah 8.12%< kelompok 2 (kelompok yang mendapat Box Jump) adalah 10.56%. Kata Kunci : Plyometric Standing Jump, Box Jump, Smash.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Kepelatihan Olahraga |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga |
Depositing User: | Fredi Yulianto A.Md.S.I |
Date Deposited: | 25 Aug 2022 07:38 |
Last Modified: | 25 Aug 2022 07:38 |
URI: | http://repository.utp.ac.id/id/eprint/74 |
Actions (login required)
View Item |