ANALISA KINERJA SIMPANG TIGA TUGU BOTO Di KLODRAN COLOMADU

ANINDHITIYA ANATASHA NOVITRIA, A0118041 (2022) ANALISA KINERJA SIMPANG TIGA TUGU BOTO Di KLODRAN COLOMADU. skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.

[img] Text
TUGAS AKHIR A0118041 ANINDHITIYA ANATASHA NOVITRIA.pdf

Download (388kB)

Abstract

Transportasi merupakan salah satu penunjang dalam kehidupan sehari-hari, baik di pedesaan maupun perkotaan. Simpang tiga Tugu Boto merupakan simpang tak bersinyal. Tingginya volume kendaraan serta kurangnya kesadaran masyarakat akan sistem prioritas berkendara mengakibatkan besarnya peluang kemacetan yang terjadi pada simpang tersebut. Ditambah pengaruh hambatan samping yang mengganggu dengan letak sekitar simpang terdapat pasar, rumah makan, dan SPBU. Maka perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui kinerja dari simpang tersebut berdasarkan pedoman MKJI 1997, sehingga simpang ruas jalan tersebut dapat melayani arus lalu lintas secara optimal dan pengguna jalan yang melintas merasa aman dan nyaman. Data yang digunakan adalah data primer yaitu data survei volume kendaraan lalu lintas dan data geometrik simpang serta data sekunder yaitu jumlah penduduk diperoleh dari instansi terkait. Berdasarkan dari hasil penelitian dan pembahasan pedoman MKJI 1997 pada simpang tiga Tugu Boto didapat jam puncak untuk lebar rata-rata pendekat ( 1 ) 3,17 meter, jumlah volume arus lalu lintas ( ) 2848,5 smp/jam, kapasitas sebenarnya (C) 2254,3 smp/jam, nilai derajat kejenuhan (DS) 1,26, tundaan lalu lintas simpang ( 1) 65,46 det/smp, tundaan lalu lintas jalan utama (DTMA) 30,34 det/smp, tundaan lalu lintas jalan minor (DTMI) 144,8 det/smp, tundaan geometri simpang (DG) 4 det/smp, tundaan simpang (D) 69,46 det/smp, dan peluang antrian (QP%) 65-134%. Simpang Tugu Boto tidak mampu menampung volume lalu lintas dilihat dari nilai derajat kejenuhan lebih dari 0,85, maka dilakukan perencanaan ulang simpang yaitu dengan pelebaran jalan dan perencanaan pulau lalu lintas. Hasil analisis setelah perbaikan menunjukan perubahan yaitu kapasitas sebenarnya (C) 2541,8 smp/jam, nilai derajat kejenuhan (DS) 1,12, tundaan lalu lintas simpang ( 1) 23,4 det/smp, tundaan lalu lintas jalan utama (DTMA) 15,15 det/smp, tundaan lalu lintas jalan minor (DTMI) 42,03 det/smp, tundaan geometri simpang (DG) 4 det/smp, tundaan simpang (D) 27,39 det/smp, dan peluang antrian (QP%) 50-101%. Kata Kunci: Simpang Tak Bersinyal, MKJI 1997, Derajat Kejenuhan

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Universitas Tunas Pembangunan (UTP) Surakarta > Fakultas Teknik > Arsitektur
Arsitektur
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Fredi Yulianto A.Md.S.I
Date Deposited: 16 Sep 2022 04:54
Last Modified: 30 Aug 2023 03:09
URI: http://repository.utp.ac.id/id/eprint/75

Actions (login required)

View Item View Item