UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR LARI JARAK PENDEK DENGAN PENDEKATAN BERMAIN PERMAINAN HITAM HIJAU UNTUK SISWA KELAS V SD NEGERI 1 KALENG KECAMATAN PURING KABUPATEN KEBUMEN

Salman Ibnu Soleh, D0414019 and Pembimbing 1 Dr. Shodiq Hutomono, M.Kes, NIDN. 0620056401 and Pembimbing 2 Widha Srianto, S.Pd.Kor., M.Or, NIDN. 0618128602 (2020) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR LARI JARAK PENDEK DENGAN PENDEKATAN BERMAIN PERMAINAN HITAM HIJAU UNTUK SISWA KELAS V SD NEGERI 1 KALENG KECAMATAN PURING KABUPATEN KEBUMEN. skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.

[img] Text
Artikel Salman Ibnu Soleh NIM 0414019.pdf

Download (619kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Kontribusi kualitas pembelajaran lari jarak pendek dengan pendekatan bermain hitam-hijau pada siswa kelas V SD Negeri 1 Kaleng Puring Kebumen, (2) kontribusi permainan hitam-hijau terhadap peningkatan hasil belajar lari jarak pendek 60 meter pada siswa kelas V SD Negeri 1 Kaleng, (3) kontribusi kecepatan terhadap kemampuan lari jarak pendek 60 meter pada siswa kelas V SD Negeri 1 Kaleng. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Metode penelitian tindakan kelas secara garis besar terdiri dari empat langkah, yaitu : (1) tahap perencanaan (2) tahap pelaksanaan (3) tahap pengamatan (4) tahap refleksi. Adapun langkah-langkahnya adalah (1) tinjau kriteria tes yang baik (2) pilih item tes, (3) lengkapi petunjuk pelaksanaan tes (establish procedures), (4) diskusikan (peer review), (5) uji coba, (6) buat norma, (7) susun pedoman test. Hasil penelitian menunjukakan bahwa : (1) melalui pembelajaran lari jarak pendek dengan pendekatan bermain hitam-hijau dapat meningkatkan minat, keaktifan, dan ketrampilan gerak unjuk kerja lari jarak pendek, dari hasil analisis data diketahui bahwa, hasil belajar siswa pratindakan adalah 33 siswa 33,33% tuntas belajar dan siswa 66,67% belum tuntas belajar. (2) Pada siklus I ketuntasan belajar mencapai 45,45% yaitu 15 siswa telah tuntas belajar dan 18 siswa 54,55% belum tuntas belajar. (3) Pada siklus II ketuntasan belajar mencapai 81,82% yaitu 27 siswa telah tuntas belajar dan 6 siswa 18,18% belum tuntas belajar. (4) Proses pembelajaran pada pratindakan belum menggunakan pendekatan bermain hitamhijau sehingga minat, keaktifan, dan ketrampilan belajar lari jarak pendek siswa rendah. (5) Peningkatan terjadi pada siklus I minat, keaktifan, dan ketrampilan belajar lari jarak pendek meningkat walau pun belum optimal. (6) Pada siklus II menyebabkan minat, keaktifan, dan ketrampilan belajar lari jarak pendek siswa meningkat menjadi tinggi sehingga bisa mendukung suatu pembelajaran yang berkualitas.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan bermain, Tes, Lari Jarak Pedek
Subjects: Pendidikan > jasmani dan kesehetan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Fredi Yulianto A.Md.S.I
Date Deposited: 20 Feb 2023 04:14
Last Modified: 20 Feb 2023 04:14
URI: http://repository.utp.ac.id/id/eprint/784

Actions (login required)

View Item View Item