PERBEDAAN PENGARUH METODE INTERVAL DAN KONTINYU TERHADAP KEMAMPUAN PASSING BAWAH BOLAVOLI PADA SISWA PUTRA EKSTRAKURIKULER SMP NEGERI 2 JENAWI KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2020/2021

RESTU MONICA NURLESA, D0216084 and Pembimbing 1 Agus Supriyoko, S.Pd, M. Or, NIDN. 0616088003 and Pembimbing 2 Risa Agus Teguh W, S.Pd. M.Or, NIDN. 0606078702 (2021) PERBEDAAN PENGARUH METODE INTERVAL DAN KONTINYU TERHADAP KEMAMPUAN PASSING BAWAH BOLAVOLI PADA SISWA PUTRA EKSTRAKURIKULER SMP NEGERI 2 JENAWI KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2020/2021. skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.

[img] Text
SKRIPSI RESTU edit.pdf

Download (804kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui perbedaan pengaruh metode interval dan kontinyu terhadap kemampuan passing bawah bolavoli pada siswa putra ekstrakurikuler SMP Negeri 2 Jenawi, Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2020/2021. (2) untuk mengetahui latihan mana yang berpengaruh lebih baik terhadap kemampuan passing bawah bolavoli pada siswa putra ekstrakurikuler SMP Negeri 2 Jenawi, Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2020/2021. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa putra ekstrakulikuler bolavoli SMP Negeri 2 Jenawi, Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 32 siswa, dengan teknik pengambilan sampling yang digunakan adalah total sampling. Sampel dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok 1 sebanyak 16 siswa, mendapat perlakuan metode interval dan kelompok 2 sebanyak 16 siswa, mendapat perlakuan metode kontinyu. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan pengukuran menggunakan petunjuk tes keterampilan passing bawah bolavoli. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis statistik menggunakan uji t pada taraf signifikansi 5%, untuk memenuhi asumsi hasil penelitian dilakukan uji prasyarat analisis yaitu dengan uji normalitas, uji homogenitas, uji perbedaan dan persentase peningkatan. Berdasarkan hasil analisis data, maka penelitian ini menghasilkan simpulan sebagai berikut: (1) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara metode interval dan kontinyu, Hal ini dibuktikan dari hasil penghitungan tes akhir masing-masing kelompok yaitu thitung = 3,280 lebih besar dari pada ttabel = 2,131 dengan taraf signifikansi 5%. (2) metode kontinyu lebih baik pengaruhnya dari pada interval, dilihat berdasarkan dari hasil persentase kemampuan passing bawah yang menunjukkan bahwa kelompok 1 sebesar 35,46% < kelompok 2 sebesar 46,18%.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bolavoli, Passing Bawah, Metode Interval, Metode Kontinyu, Tes Keterampilan Passing Bawah Bolavoli.
Subjects: Pendidikan > Kepelatihan Olahraga
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Fredi Yulianto A.Md.S.I
Date Deposited: 28 Feb 2023 04:00
Last Modified: 28 Feb 2023 04:00
URI: http://repository.utp.ac.id/id/eprint/843

Actions (login required)

View Item View Item