PERENCANAAN PERKERASAN LENTUR SERTA RENCANA ANGGARAN BIAYA PADA RUAS JALAN PANTURA PATI – KUDUS KM 7 – 9 DENGAN MENGGUNAKAN METODE BINA MARGA

CHOIRUL ATHIF, A0115017 and Pembimbing 1 Sumina, S.T., M.T., NIDN. 0611116901 and Pembimbing 2 Kusdiman Joko Priyanto, ST, MT, NIDN. 0603086702 (2020) PERENCANAAN PERKERASAN LENTUR SERTA RENCANA ANGGARAN BIAYA PADA RUAS JALAN PANTURA PATI – KUDUS KM 7 – 9 DENGAN MENGGUNAKAN METODE BINA MARGA. skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.

[img] Text
E-Jurnal.pdf

Download (1MB)

Abstract

Jawa Tengah merupakan salah satu propinsi yang terbesar di Indonesia, dimana jumlah penduduknya mencapai 15 juta jiwa dan salah satu kota di Jawa Tengah adalah Kabupaten Pati dan Kudus dimana menjadi salah satu Perlntasan roda perekonomian di pulau Jawa, sehingga dituntut untuk dapat memenuhi fasilitas yang diperlukan di segala bidang baik industri, ekonomi, jasa, maupun pendidikan. Oleh sebab itu pembangunan fisik perkotaan khususnya dibidang konstruksi jalan perlu diperhatikan. Di ruas jalan Pantura yang menghubungkan Jawa Tengah dan Jawa Timur dengan kondisi lalu-lintas sepanjang ruas pada umumnya relatif ramai, Karena keterbatasan dana dari APBD, maka pemerintah daerah melakukan pembangunan proyek jalan tersebut dengan bertahap, pada tahap I dikerjakan untuk umur rencana 5 tahun dan tahap II dikerjakan untuk umur rencana 10 tahun. Dari hasil perhitungan perencanaan perkerasan lentur yang dikerjakan dengan metode konstruksi bertahap, maka di dapat lajur untuk ruas jalan Pantura Pati-Kudus km 7-9 sebanyak 2 lajur 2 arah dengan lebar perkerasan 15 meter, termasuk jalan arteri. Perencanaan menggunakan perkerasan lentur dengan susunan perkerasan, lapisan permukaan menggunakan laston MS 744 setebal 7,5 cm untuk umur rencana 5 tahun dan 7,5 cm dengan umur rencana 10 tahun, lapisan pondasi atas menggunakan batu pecah kelas A setebal 7,5 cm, sedangkan lapisan pondasi bawah menggunakan sirtu kelas A setebal 20 cm, sedangkan untuk lapisan bawah menggunakan agregat sirtu kelas B dengan ketebalan 31 cm.Untuk sistem drainase direncanakan dengan bentuk trapesium dengan dimensi lebar bawah (b) 0,34 m, kedalaman air (h) 0,34 m, dan tinggi jagaan (F) 0,85 m, dan (H) 0,425.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perkerasan lentur, , Perencanaan drainase, Metode Bina Marga
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Fredi Yulianto A.Md.S.I
Date Deposited: 06 Mar 2023 02:40
Last Modified: 06 Mar 2023 02:40
URI: http://repository.utp.ac.id/id/eprint/859

Actions (login required)

View Item View Item