MENINGKATKAN KETRAMPILAN MENULIS TEGAK BERSAMBUNG MELALUAI MODEL CTL (CONTEXTUL TEACHING LEARNING)BAGI SISWA KELAS II SEMESTER II DI SD NEGERI 01 CANGAKAN KECAMATAN KARANGANYAR KABUPATEN KARANGANAYAR TAHUN PELAJARAN 2017/2018

LINA ISTIQOMAH, D0316053 and Pembimbing 1 Dr. H. Nuruddin PBS., M.Or, NIDN. 0603126201 and Pembimbing 2 Ninda Beny Asfuri, S.Pd.M.Pd, NIDN. 0620098802 (2018) MENINGKATKAN KETRAMPILAN MENULIS TEGAK BERSAMBUNG MELALUAI MODEL CTL (CONTEXTUL TEACHING LEARNING)BAGI SISWA KELAS II SEMESTER II DI SD NEGERI 01 CANGAKAN KECAMATAN KARANGANYAR KABUPATEN KARANGANAYAR TAHUN PELAJARAN 2017/2018. skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.

[img] Text
COVER,MOTO,PERSEMBAHAN,ABSTRAK I DAN II,DAFTAR ISI,KATA PENGANTAR.pdf

Download (252kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan menulis tegak bersambung melalui Model CTL (Contextual Teaching Learning) Pada Siswa Kelas II Semester II SDN 01 Cangakan Kecamatan Karanganyar Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2017/2018. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan tahap refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SDN 01 Cangakan Kecamatan Karanganyar Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 29 siswa,siswa laki – laki 16 , perempuan 13 Sumber data berasal dari guru, siswa dan dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan wawancara. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif dengan empat buah komponen yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas pada materi ketrampilan menulis tegak bersambung pada kondisi awal adalah 66 dengan prosentase ketuntasan 17%. Pada siklus I nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 68 dengan prosentase ketuntasan 24% . Pada siklus II meningkat menjadi 73 dengan prosentase ketuntasan 51% . Pada siklus III meningkat menjadi 85 dengan prosentase ketuntasan 83%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model CTL dapat meningkatkan ketrampilan menulis tegak bersambung melalui Model CTL (Contextual Teaching Learning) Pada Siswa Kelas II Semester II SDN 01 Cangakan Kecamatan Karanganyar Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ketrampilan, Menulis tegak bersambung , Model CTL
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Fredi Yulianto A.Md.S.I
Date Deposited: 05 Jun 2023 06:47
Last Modified: 05 Jun 2023 06:47
URI: http://repository.utp.ac.id/id/eprint/1106

Actions (login required)

View Item View Item