PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN INKUIRI PADA PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS Va SEKOLAH DASAR NEGERI SONDAKAN NO.11 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Wiwit Permadi, D0314026 and Pembimbing 1 Drs. Soekirno M.Pd, NIPY. 150 293 and Pembimbing 2 Aan Budi Santoso, S.Pd, M.Pd, NIPY. 150 347 / 0613038401 (2018) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN INKUIRI PADA PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS Va SEKOLAH DASAR NEGERI SONDAKAN NO.11 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.

[img] Text
1. Cover dan Halaman Depan WIWIT PERMADI.pdf

Download (243kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada materi sifat-sifat cahaya dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri pada siswa kelas Va SD Negeri Sondakan NO. 11 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang berisi alur penelitian yang meliputi empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Empat tahapan tersebut membentuk siklus. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif, yaitu keterkaitan antara tiga komponen antara lain: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas Va SD Negeri Sondakan No. 11 Tahun Pelajaran 2017/2018. Hal ini terbukti dengan meningkatnya hasil belajar siswa dari sebelum dan sesudah dilaksanakannya tindakan. Pada saat pra tindakan nilai rata-rata sebesar 64,1, pada siklus I meningkat menjadi 74,5, dan pada siklus II meningkat signifikan menjadi 77,9. Sedangkan untuk prosentase ketuntasan siswa menurut Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75, pada saat pra tindakan siswa yang tuntas sebanyak 8 siswa atau 25,8% dari jumlah keseluruhan 31 siswa. Pada siklus I prosentase meningkat sebesar 58,1% yaitu dari siswa yang tuntas sebanyak 8 siswa atau 25,8% pada saat pra tindakan, meningkat menjadi 10 siswa atau sebesar 32,3% pada saat siklus I dari jumlah keseluruhan siswa 31 siswa. Pada siklus II prosentase ketuntasan kembali menunjukkan peningkatan sebesar 35,5,% yaitu dari siswa yang tuntas sebanyak 18 siswa atau sebesar 58,1% pada saat siklus I, meningkat menjadi 29 siswa atau sebesar 77,9% pada saat siklus II dari jumlah keseluruhan 31 siswa.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Inkuiri, Hasil Belajar IPA
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Fredi Yulianto A.Md.S.I
Date Deposited: 09 Jun 2023 05:54
Last Modified: 09 Jun 2023 05:54
URI: http://repository.utp.ac.id/id/eprint/1125

Actions (login required)

View Item View Item