SRI WIDARTY, D0313045 and Pembimbing 1 Dr. H. Nuruddin Priya Budi S., M.Or, NIDN. 0603126201 and Pembimbing 2 Rika Yuni Ambarsari, S.Pd, M.Pd, NIDN. 0603068903 (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG GAYA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASISTEND INDIVIDUAL) SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI BUMI II NO 205 KECAMATAN LAWEYAN SURAKARTA TAHUN 2015 / 2016. skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.
Text
SKRIPSI UTP AWAL.pdf Download (216kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya sikap ilmiah siswa pada pembelajaran IPA di SD Negeri Bumi II No 205 Kecamatan Laweyan Kota Surakarta. Kurangnya minat siswa dan penggunaan media dalam pembelajaran IPA, sehingga siswa merasa jenuh. Oleh karena itu, guru berupaya menggunakan pembelajaran dengan Kooperatif tipe TAI (Team Assisten Individual) sebagai media pembelajaran agar tercipta suasana pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Tujuan penelitian ini yaitu meningkatkan hasil belajar IPA khususnya pada pokok bahasan Gaya pada siswa kelas V SD Negeri Bumi II No 205 Kecamatan Laweyan Surakarta melalui model pembelajaran dengan Kooperatif tipe TAI (Team Assisten Individual. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas menggunakan model penelitian Kooperatif tipe TAI (Team Assisten Individual. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, satu siklus dilaksanakan sebanyak dua kalli tindakan penelitian. Subjek penelitian adalah kelas V sebanyak 26 orang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan, dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2014/2015 antara bulan Januari s/d Juni 2015. Teknik pengumpulan data antara lain dengan lembar observasi dan lembar tes selama tindakan dan dokumentasi kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian siklus I berkaitan dengan ketuntasan hasil belajar IPA pokok bahasan Gaya ranah kognitif yang memperoleh nilai 71,7 (69,2%), dalam ranah efektif memperoleh nilai 72,9 (76,9%), sedangkan dalam ranah psikomotorik memperoleh nilai 75,4 (80,8%) ; siklus 2 berkaitan dengan peningkatan dengan ketuntasan hasil belajar IPA pokok bahasan Gaya ranah kognitif memperoleh nilai 76,1 mengalami peningkatan yaitu sebesar 84,6 %, dalam ranah efektif mengalami peningkatan dengan memperoleh nilai 76,2 (92,2%), sedangkan dalam ranah psikomotorik meningkat nilainya menjadi 76,4 atau sebesar 92,3% siswa. Adapun hasil penelitian siswa pada pembelajaran IPA bab Gaya dengan menggunakan media Kooperatif TAI telah menunjukkan peningkatan walaupun masih belum maksimal. Keberhasilan ini didukung oleh adanya kesiapan guru dalam merancang pembelajaran serta proses pembelajaran yang dilaksanakan sesuai rencana dan penggunaan media sebagai pembelajaran. Tetapi, masih ada faktor utama yang dirasakan menghambat yaitu belum seluruh siswa mampu bekerja secara kelompok dan kemampuan siswa membuat kalimat tanya masih kurang. Oleh karena itu, guru hendaknya sering melatih siswa agar memiliki keberanian mengungkapkan gagasannya, selain itu siswa harus menambah pengetahuan melalui kegiatan membaca sehingga memiliki wawasan yang luas.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Fredi Yulianto A.Md.S.I |
Date Deposited: | 21 Jun 2023 06:17 |
Last Modified: | 21 Jun 2023 06:17 |
URI: | http://repository.utp.ac.id/id/eprint/1133 |
Actions (login required)
View Item |