PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE PARTICIPATORY LEARNING PADA MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas III SD Negeri IV Ngadirojo)

Fredy Kustanto, D0313051 (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE PARTICIPATORY LEARNING PADA MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas III SD Negeri IV Ngadirojo). skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.

[img] Text
COVER LINE.pdf

Download (334kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk : (1) Mendeskripsikan proses pembelajaran matematika dengan model pembelajaran participatory learning. (2) Meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan model pembelajaran participatory learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri IV Ngadirojo yang berjumlah 15 siswa dan obyek penelitian ini adalah hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode participatory learning. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara diskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian ini, menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari siswa mendapat nilai tuntas, sebelum tindakan sebanyak 3 siswa atau sebesar 20%, sesudah tindakan naik menjadi 13 siswa atau sebesar 87%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode participatory learning dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Fredi Yulianto A.Md.S.I
Date Deposited: 03 Jul 2023 05:44
Last Modified: 03 Jul 2023 05:44
URI: http://repository.utp.ac.id/id/eprint/1157

Actions (login required)

View Item View Item