UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN METODE DEMONSTRASI MATERI BANGUN RUANG DENGAN MEDIA BENDA NYATA DI KELAS I SD NEGERI PRANAN 02 KECAMATAN POLOKARTO KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2014/2015

SRI SUPARNI, D0313041 and Pembimbing 1 Dr. Nuruddin Priya Budi Santoso, M.Or, NIDN. 0603126201 and Pembimbing 2 Rika Yuni Ambarsari, S.Pd, M.Pd, NIDN. 0603068903 (2015) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN METODE DEMONSTRASI MATERI BANGUN RUANG DENGAN MEDIA BENDA NYATA DI KELAS I SD NEGERI PRANAN 02 KECAMATAN POLOKARTO KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2014/2015. skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (201kB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika dengan metode demonstrasi bangun ruang dengan media benda nyata di kelas I SD Negeri Pranan 02 Kecamatan Polokarto Kabupaten Sukaharjo Tahun Pelajaran 2014/2015. Sesuai dengan tujuan penelitian, maka penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas I pada semester II SDN Pranan 02 Tahun Pelajaran 2014/2015,yang berjumlah 15 siswa yang terdiri dari 8 siswa putra dan 7 siswa putri. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Tehnik Pengumpulan data dilakukan dengan test, dokumen dan observasi. Hasil dari pembelajaran ini dapat ditunjukan dari prosentase peningkatan hasil belajar siswa dari tiap-tiap siklusnya : Pada saat Pra Siklus siswa yang mendapatkan nilai 80 ada 1 siswa 6,7%, nilai 70 ada 5 siswa33,3%, nilai 60 ada 4 siswa 26,7%, nilai 50 ada 3 siswa 20%, nilai 40 ada 2 siswa 13,3%. Pada Siklus I siswa yang mendapatkan nilai 100 ada 1 siswa 6,7%, nilai 90 ada 3 siswa 20%, nilai 80 ada 3 siswa 20%, nilai 70 ada 4 siswa 26,7%, nilai 60 ada 4 siswa 26,7%. Pada Siklus II siswa yang mendapat nilai 100 ada 2 siswa 13,3%, nilai 90 ada 4 siswa 26,7%, nilai 80 ada 6 siswa 40%, nilai 70 ada 3 siswa 20%. Dari analisis data diketahui pada setiap siklus terjadi peningkatan pemahaman dan prestasi belajar siswa. Pada proses pra siklus siswa yang mencapai ketuntasan belajar hanya 40%. Pada siklus I yang mencapai ketuntasan belajar 80 %, berarti pada siklus I ini sudah ada peningkatan 40%.dan pada siklus II siswa yang mencapai ketuntasan belajar 100%. Hal ini berarti dalam penelitian perbaikan pembelajaran yang dilaksanakan terjadi peningkatan pemahaman yang menjadikan prestasi belajar meningkat. Berdasarkan hasil analisis data penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode demonstrasi materi bangun ruang dengan media nyata dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas I SDN Pranan 02 Tahun Pelajaran 2014/2015

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Fredi Yulianto A.Md.S.I
Date Deposited: 03 Jul 2023 06:31
Last Modified: 03 Jul 2023 06:31
URI: http://repository.utp.ac.id/id/eprint/1159

Actions (login required)

View Item View Item