PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISKUSI KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA PADA MATAPELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III SDN MAJENANG 3 KECAMATAN SUKODONO KABUPATEN SRAGEN

ABET SETYANINGRUM, D0313047 and Pembimbing 1 Drs. Muh. Yusuf, M.Pd, NIP. 195911241989011001 and Pembimbing 2 Aan Budi Santoso, S.Pd, M.Pd, NIPY. 150 347 / 0613038401 (2016) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISKUSI KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA PADA MATAPELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III SDN MAJENANG 3 KECAMATAN SUKODONO KABUPATEN SRAGEN. skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.

[img] Text
skripsi edit.pdf

Download (512kB)

Abstract

Dilatar belakangi oleh Rendahnya kemampuan berbicara pada siswa kelas 3 SDN Majenang 3 Sragen bukan semata-mata bersumber dari kemampuan siswa yang rendah, akan tetapi permasalahannya juga berawal dari guru, di mana dalam proses pembelajaran guru masih menggunakan model pembelajaran yang konvensional dan hanya menggunakan metode ceramah yang membuat siswa pasif. Sehingga, siswa kurang terlibat dalam kegiatan belajar mengajar dan proses pembelajaran menjadi kurang efektif yang terlihat dari pemahaman dan penguasaan materi rendah. Oleh karena itu, guru juga harus menguasai berbagai macam model pembelajaran. Tujuan yang hendak dicapai adalah untuk meningkatkan kemampuan berbicara dan meningkatkan aktivitas berbicara pada siswa kelas III SDN Majenang 3 Sukodono Sragen pada mata pelajaran Bahasa dengan menggunakan Model Pembelajaran Diskusi Kelompok. Dengan menggunakan model pembelajaran teknik pelajaran diskusi kelompok ini merupakan salah satu cara yang hidup dalam alam kehidupan kurikulum KTSP. Hal-hal inilah yang akan menjadi salah satu teknik yang akan meningkatkan interaksi dan kreativitas berpikir murid (anak didik). penelitian tindakan kelas ini dilakukan di kelas III Sekolah Dasar Negeri Majenang 3 yang berjumlah 19 siswa terdiri 9 laki-laki dan 10 perempuan Data kualitatif hasil observasi dan refleksi dianalisis dengan Analisis Jalinan (mengalir) dan hasilnya dideskripsikan secara mendalam. Data kuantutatif hasil tes dianalisis dengan statistik untuk melihat adanya peningkatan prestasi belajar Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Diskusi Kelompok, Kemampuan Berbicara, Siswa Kelas III SD
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Fredi Yulianto A.Md.S.I
Date Deposited: 03 Jul 2023 06:45
Last Modified: 03 Jul 2023 06:45
URI: http://repository.utp.ac.id/id/eprint/1161

Actions (login required)

View Item View Item