UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN GAMBAR SERI PADA SISWA KELAS V SD N GABUS 03 SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Fransiska Intan Anitasari, D0314009 and Pembimbing 1 Drs. Herywansyah M.Or, NIDN. 0622105801 and Pembimbing 2 Ninda Beny Asfuri, S.Pd.M.Pd, NIDN. 0620098802 (2018) UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN GAMBAR SERI PADA SISWA KELAS V SD N GABUS 03 SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.

[img] Text
SKRIPSI edit.pdf

Download (280kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah sebagai upaya peningkatan ketrampilan menulis karangan narasi melalui media pembelajaran gambar seri pada siswa kelas V SD Negeri Gabus 3 Ngrampal Sragen. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes siswa sebelum di lakukan tindakan pembelajaran menulis karangan narasi menggunakan gambar seri. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Gabus 3 Ngrampal Sragen yang berjumlah 13 siswa terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Rancangan penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, dimana tiap siklus melalui empat tahap, yaitu (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Observasi, (4) Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar seri dapat meningkatkan kinerja peneliti dalam proses pembelajarn setelah diadakan tindakan pembelajaran menggunakan media gambar seri. Hal ini dapat ditunjukkan pada saat pembelajaran adanya peningkatan prosentase rata-rata kinerja peneliti pada Pra Siklus prosentase aktivitas 50%. Pada Siklus I yang mana dalam pembelajaran peneliti menggunakan media gambar seri, maka terjadi peningkatan kinerja aktivitas peneliti meningkat 65%, meningkat pada siklus II dengan perolehan prosentase 95%. Begitu pula dalam kegiatan pembelajaran juga dapat dilihat aktivitas siswa di kegiatan Pra Siklus Belum menunjukkan kriteria yang diinginkan hal ini dapat dilihat dari hasil prosentase observasi siswa hanya memperoleh 42,3% Siklus I prosentase aktivitas siswa 51,9% dan meningkat pada siklus II dengan perolehan prosentase 66%. Dengan peningkatan aktivitas belajar siswa, maka berdampak pada hasil belajar siswa yang ditunjukkan oleh rata-rata ketuntasan yang dicapai siswa pada prasiklus 49,2% dengan ketuntasan klasikal 0%, yang mengalami peningkatan pada siklus I 64,1% dengan ketuntasan klasikal 38,46%, dan mengalami peningkatan pada siklus ke II dengan prosentase keberhasilan 82% dengan ketuntasan klasikal 76,92%, yang mana telah mencapai nilai Ketuntasan Kriteria Minimum (KKM) yang telah ditentukan oleh SD Negeri Gabus 3 Ngrampal Sragen yaitu 75%. Pengunaan metode pembelajaran menggunakan media gambar seri dapat diterapkan pada saat pembelajaran menulis karangan narasi yang dapat meningkatkan kinerja peneliti, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Gabus 3 Ngrampal Sragen.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ketrampilan Menulis Narasi, Media Gambar Seri
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Fredi Yulianto A.Md.S.I
Date Deposited: 03 Jul 2023 07:01
Last Modified: 03 Jul 2023 07:01
URI: http://repository.utp.ac.id/id/eprint/1164

Actions (login required)

View Item View Item