MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENULIS KARANGAN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SERI DI KELAS IV SD NEGERI TEGALDOWO KECAMATAN TIRTO KABUPATEN PEKALONGAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Dinda Lukmana, D0315025 and Pembimbing 1 Dr. Nuruddin Priya Budi Santoso, M.Or, NIDN. 0603126201 and Pembimbing 2 Luncana Faridhah Sasmito, M.Pd, NIDN. 0615099001 (2017) MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENULIS KARANGAN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SERI DI KELAS IV SD NEGERI TEGALDOWO KECAMATAN TIRTO KABUPATEN PEKALONGAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (977kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan penerapan media cerita gambar seri dalam pembelajaran menulis karangan di kelas IV SD Negeri Tegaldowo Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Tegaldowo Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan yang berjumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji validitas menggunakan teknik triangulasi sumber dan teknik. Analisis data dilakukan dengan 4 tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menulis, dimana penggunaan media gambar seri dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan pada siswa kelas IV SD Negeri Tegaldowo Tirto Pekalongan Tahun Pelajaran 2016/2017. Peningkatan kemampuan menulis karangan berdasarkan indikator kemampuan menulis dapat dilihat dari: (1) Siswa terampil menulis karangan berdasarkan unsur-unsur karangan pada pra siklus ada 23 siswa (57,50%) dan pada siklus II pertemuan II ada 37 siswa (92,50%); (2) Siswa terampil menulis karangan berdasarkan ejaan pada prasiklus ada 10 siswa (25,00%) dan pada siklus II pertemuan II ada 35 siswa (87,50%); (3) Siswa terampil menulis karangan berdasarkan tanda baca pada prasiklus ada 12 siswa (30,00%) dan pada siklus II pertemuan II ada 35 siswa (87,50%); dan (4) Siswa terampil menulis karangan berdasarkan pemilihan kata atau diksi pada pra siklus ada 13 siswa (32,50%) dan pada siklus II pertemuan II ada 37 siswa (92,50%). Disamping itu Penggunaan media gambar seri dalam meningkatkan kemampuan menulis karangan pada siswa selama pembelajaran dari pelaksanaan siklus I sampai siklus II mengalami peningkatan pada semua aspek. Peningkatan tersebut telah mencapai ketuntasan yang diharapkan yaitu 75% dari jumlah siswa. Dengan demikian hipotesis yang menyatakan bahwa penerapan media gambar seri pada pembelajaran Bahasa Indonesia tentang pembelajaran mengarang dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan di kelas IV SD Negeri Tegaldowo Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan Tahun Pelajaran 2016/2017 terbukti kebenarannya.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: menulis karangan, penggunaan media, gambar seri
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Fredi Yulianto A.Md.S.I
Date Deposited: 03 Jul 2023 07:14
Last Modified: 03 Jul 2023 07:14
URI: http://repository.utp.ac.id/id/eprint/1166

Actions (login required)

View Item View Item