UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE TO PICTURE POKOK BAHASAN BANGUN DATAR PADA SISWA KELAS II SDN TAWENGAN 1 TAHUN AJARAN 2018/2019

ENDIK JOKO PRASTOWO, D0314017 and Pembimbing 1 Aan Budi Santoso, S.Pd, M.Pd, NIPY. 150 347 / 0613038401 and Pembimbing 2 Rika Yuni Ambarsari, S.Pd, M.Pd, NIDN. 0603068903 (2019) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE TO PICTURE POKOK BAHASAN BANGUN DATAR PADA SISWA KELAS II SDN TAWENGAN 1 TAHUN AJARAN 2018/2019. skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.

[img] Text
SEKRIPSI edit.pdf

Download (296kB)

Abstract

Skripsi ini dilatar belakangi kegiatan pembelajaran selama ini hanya monoton, dimana guru bertindak sebagai aktor yang selalu tampil di depan, sedangkan siswa hanya duduk di kursi dengan model yang konvensional dan tidak menggunakan metode belajar yang bervariasi menimbulkan kebosanan pada siswa, paradigma seperti ini perlu diubah agar pembelajaran menjadi aktif dan menyenangkan. Guru yang semula aktif dalam pembelajaran sekarang ganti siswa yang aktif dalam pembelajaran. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu meningkatkan hasil belajar Matematika tentang bangun datar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe picture to picture pada siswa kelas II SDN Tawengan 1 Tahun Ajaran 2018/2019. Siswa termotivasi sehingga senang belajar Matematika, menumbuhkan rasa kebersamaan antar siswa, menciptakan persaingan sehat antar siswa dalam berprestasi, meningkatkan keaktifan siswa. Hipotesis dari skripsi ini yaitu Penggunaan model kooperatif picture to picture dapat meningkatkan hasil belajar matematika tentang bangun datar siswa kelas II SD N 1 Tawengan. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 bulan, mulai bulan Mei sampai bulan Juni 2019, dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2018/2019. Subjek penelitian ini dilakukan pada siswa kelas II SDN 1 Tawengan. Siswa kelas II terdiri dari 6 siswa putra dan 4 siswa putri.Pelaksanaan perbaikan pembelajaran dilaksanakan sesuai langkah langkah dalam rencana pelaksanaan pembelajaran.Siswa sangat antusias dan aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran Hasil Penelitian menunjukan hasil evaluasi Pra Siklus diperoleh data 8 siswa ( 80% ) mendapat nilai dibawah 70 artinya 8 anak ini belum memenuhi standar KKM sehingga dikatakan belum tuntas dan hanya 2 siswa (20%) yang mendapat nilai lebih dari 70 sehingga dapat dikatakan tuntas.. Nilai hasil evaluasi Siklus 1 diperoleh data 5 siswa ( 50% ) mendapat nilai dibawah 70 artinya 5 anak ini belum memenuhi standar KKM sehingga dikatakan belum tuntas dan 5 siswa (50%) yang mendapat nilai lebih dari 70 sehingga dapat dikatakan tuntas..Nilai hasil evaluasi Siklus 2 diperoleh data tidak ada siswa yang mendapat nilai dibawah 70 artinya 0 anak yang belum memenuhi standar KKM sehingga ( 0 % ) dikatakan belum tuntas dan 10 siswa (100%) yang mendapat nilai lebih dari 70 sehingga dapat dikatakan semua siswa kelas II tuntas. Dari data tersebut dapat diartikan sudah terjadi peningkatan yang signifikan nilai dari Pra Siklus sampai siklus 2. Dari hasil penelitian pada siklus 2 ini, dapat diketahui bahwa perolehan hasil penelitian sudah menunjukkan hasil yang optimal. Tujuan penelitian yang diharapkan peneliti sudah seluruhnya tercapai.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Fredi Yulianto A.Md.S.I
Date Deposited: 04 Jul 2023 05:30
Last Modified: 04 Jul 2023 05:30
URI: http://repository.utp.ac.id/id/eprint/1179

Actions (login required)

View Item View Item