PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI SAYANGAN LAWEYAN SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2022

Novita Astriani, D0319015 and Margaretha Rismarini, M.Pd, - and Diyah Nur Hidayati, M.Pd, - (2023) PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI SAYANGAN LAWEYAN SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2022. skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.

[img] Text
Novita_Acc_ cc.pdf

Download (785kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis penggunaan media pembelajaran Animasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan pada manusia di kelas V SD Sayangan Laweyan tahun pelajaran 2022. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Penelitian Tindakan Kelas merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh pendidik atau bersama-sama dengan orang lain (kolaborasi) yang dilakukan di ruang kelas dengan tujuan untuk mengubah perilaku mengajar guru, perilaku peserta didik, peningkatan atau perbaikan praktik pembelajaran kelas yang diajar oleh guru tersebut sehingga terjadi peningkatan layanan profesional guru dalam menangani proses pembelajaran. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri Sayangan Laweyan yang berjumlah 31 siswa yakni 19 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yaitu, observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan 2 kali pertemuan pada tiap siklus nya. Pada tiap siklus terdiri dari 4 tahap yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan observasi. Kondisi awal presentase ketuntasan hasil belajar siswa adalah 48,38% dengan rata-rata nilai 65,65. Pada siklus I presentase ketuntasan menjadi 74,19% dengan rata-rata 73.70 dan mengalami peningkatan pada siklus II yakni presentase nilai mencapai 93,54% dengan rata-rata 80,96. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media animasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan manusia.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Animasi, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Arif Budi Noviyanto A.Md S.I
Date Deposited: 20 Oct 2023 06:16
Last Modified: 20 Oct 2023 06:48
URI: http://repository.utp.ac.id/id/eprint/1315

Actions (login required)

View Item View Item