UPAYA MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN PASSING MELALUI PENDEKATAN BERMAIN DALAM PERMAINAN SEPAKBOLA PADA SISWA KELAS 5 SD MUHAMMADIYAH 16 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2022/2023

MUHAMMAD IBNU ZAKI FATAAWAHAB, DO218012 and Pembimbing 1 Dr. Joko Sulistyono, M.Pd, NIDK. 8800201019 and Pembimbing 2 Fatkhul Imron, S.Pd., M.Or, NIDN. 0605108703 (2023) UPAYA MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN PASSING MELALUI PENDEKATAN BERMAIN DALAM PERMAINAN SEPAKBOLA PADA SISWA KELAS 5 SD MUHAMMADIYAH 16 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2022/2023. skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.

[img] Text
SKRIPSI IBNU ZAKI 2023 EDIT.pdf

Download (755kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran passing dengan pendekatan bermain dalam permainan sepak bola pada siswa kelas 5 SD Muhammadyah 16 Surakarta tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yaitu salah satu jenis penelitian yang dilakukan guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelasnya. Sample penelitian ini adalah siswa kelas 5.1 yang berjumlah 30 siswa, terdiri dari 17 orang siswa laki-laki dan 13 orang siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi yaitu melakukan pengamatan terhadap subyek penelitian dengan lembar observasi yang sudah disiapkan, pengamatan sebelum pembelajaran, saat pembelajaran, dan setelah pembelajaran serta angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif dengan menggunakan teknik prosentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran passing dengan pendekatan bermain dalam permainan sepak bola meningkat. Ketuntasan hasil belajar siswa pada setiap siklus dirata-rata dari aspek pengetahuan dan aspek keterampilan. Ketuntasan belajar aspek pengetahuan pada pra-siklus sebesar 20% , siklus I sebesar 60%, pada siklus II sebesar 83%. Ketuntasan aspek keterampilan pada pra-siklus sebesar 40%, siklus I sebesar 63%, pada siklus II sebesar 80%. Terlihat dari prosentase ketuntasan belajar siswa dari semua aspek pada pra-siklus yaitu sebesar 23% meningkat pada siklus I menjadi 43% dan meningkat pada siklus II menjadi 83%. Berdasarkan hasil penelitian bahwa pembelajaran passing dengan pendekatan bermain dalam permainan sepak bola dapat meningkatkan hasil belajar siswa dari pra-siklus ke siklus I sebesar 20% dan dari siklus I ke siklus II sebesar 40%.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Permainan, Sepak Bola, Passing.
Subjects: Pendidikan > Kepelatihan Olahraga
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Fredi Yulianto A.Md.S.I
Date Deposited: 07 Nov 2023 04:34
Last Modified: 07 Nov 2023 04:34
URI: http://repository.utp.ac.id/id/eprint/1420

Actions (login required)

View Item View Item