HUBUNGAN MINAT BACA DAN KEBIASAAN MEMBACA DENGAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI CERPEN SISWA KELAS IV SD NEGERI SAMBIREMBE 2 SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Dliyaan Nur Hidayah, D0319007 and Ninda Beny Asfuri, S.Pd., M.Pd, 06200988802 and Rika yuni Ambarsari, S.Pd., M.Pd (2023) HUBUNGAN MINAT BACA DAN KEBIASAAN MEMBACA DENGAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI CERPEN SISWA KELAS IV SD NEGERI SAMBIREMBE 2 SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2022/2023. skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.

[img] Text
Dliyaan Nur Hidayah D0319007 potong.pdf

Download (831kB)

Abstract

Tujuan pembuatan skripsi ini adalah (1) mengetahui hubungan antara minat baca dengan kemampuan mengidentifikasi cerpen siswa kelas IV SD Negeri Sambirembe 2 Sragen tahun pelajaran 2022/2023. (2) untuk mengetahui hubungan antara kebiasaan membaca dengan kemampuan mengidentifikasi cerpen. (3) untuk mengetahui hubungan antara minat baca dan kebiasaan membaca dengan kemampuan mengidentifikasi cerpen siswa kelas IV SD Negeri Sambirembe 2 Sragen tahun pelajaran 2022/2023. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional dan ex-post facto. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 9 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan menggunakan angket, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah teknik korelasi product moment dan analisis korelasi ganda dengan menggunakan variabel Minat Baca (X1), Kebiasaan Membaca (X2) sebagai predictor dan variabel terikat adalah Kemampuan Mengidentifikasi Cerpen (Y). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat hubungan yang positif dan tidak signifikan antara minat baca dengan kemampuan mengidentifikasi cerpen, dimana rhitung sebesar 0,377, sedangkan rtabel dengan N=9 pada taraf signifikansi 5% sebesar 0,666, jadi rhitung lebih kecil dari rtabel (0,377 < 0,666). (2) terdapat hubungan yang positif dan tidak signifikan antara kebiasaan membaca dengan kemampuan membaca, dimana rhitung sebesar 0,168, sedangkan rtabel dengan N=9 pada taraf signifikansi 5% sebesar 0,666, jadi rhitung lebih kecil dari rtabel (0,168 < 0,666). (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat baca dan kebiasaan membaca dengan kemampuan mengidentifikasi cerpen, dimana Fhitung sebesar 0,510, sedangkan Ftabel dengan N=9 pada taraf signifikansi 5% sebesar 4,26, jadi Fhitung lebih besar dari Ftabel (0,510 > 4,26).

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Minat Baca, Kebiasaan Membaca, Kemampuan Mengidentifikasi Cerpen
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Arif Budi Noviyanto A.Md S.I
Date Deposited: 10 Nov 2023 03:51
Last Modified: 10 Nov 2023 03:51
URI: http://repository.utp.ac.id/id/eprint/1432

Actions (login required)

View Item View Item