ANALISIS PROSES DAN KESULITAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI ADAPTIF UNTUK ANAK TUNAGRAHITA SEKOLAH LUAR BIASA DI BOYOLALI TAHUN 2023

MUHAMMAD YUFANI SAPUTRA, D 0419039 and Arif Rohman Hakim, - and Satrio Sakti Rumpoko, - (2023) ANALISIS PROSES DAN KESULITAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI ADAPTIF UNTUK ANAK TUNAGRAHITA SEKOLAH LUAR BIASA DI BOYOLALI TAHUN 2023. skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.

[img] Text
full skripsi muh yufani D0419039 potong.pdf

Download (800kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran jasmani adaptif dan kesulitan-kesulitan pembelajaran pendidikan jasmani adaptif di Sekolah Luar Biasa Kabupaten Boyolali. Jenis penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Validasi penelitian ini menggunakan triangulasi data yang terdiri dari triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian ketika di analisis menunjukan bahwa latar belakang guru pendidikan jasmani di Boyolali belum sepenuhnya lulusan pendidikan jasmani, akan tetapi ada beberapa SLB guru pengampunya adalah guru kelas yang ditugaskan untuk memimpin jalannya pembelajaran pendidikan jasmani, hal ini menyebabkan tidak adanya pembuatan RPP dan pelaksanaannya hanya senam dan gerak jalan. Namun beberapa SLB sudah mempunyai guru pendidikan jasmani. Dalam pembelajarannya rata-rata kurikulum pembelajaran masih menggunkan kurikulum tigabelas. Pembuatan RPP sesuai dengan silabus yang ada, akan tetapi pada saat prakteknya materinya lebih disederhanakan untuk tunagrahita dan ditambah permainan kecil. Metode pembelajaran guru pendidikan jasmani menggunakan metode gabungan yaitu demontrasi dan praktek, metode yang pas digunakan untuk anak tunagrahita yang memiliki hambatan berpikir. Dalam pelaksanaanya pembelajaran pendidikan jasmani untuk mengurangi kesulitan adalah guru pendidikan jasmani dibantu guru kelas untuk mengondisikan para peserta didik yang sulit diatur. Evaluasi pembelajaran pendidikan jasmani yang dilakukan guru metode dan menyederhanakan materi. Sarana prasarana di sekolah mayoritas sudah cukup. Di SLB yang dekat kota memiliki fasilitas sarana dan prasarana yang tergolong lengkap, akan tetapi SLB yang pelosok memiliki fasilitas sarana dan prasarana yang kurang lengkap

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Penjas, Adaptif, SLB, Boyolali
Subjects: Pendidikan > jasmani dan kesehetan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Arif Budi Noviyanto A.Md S.I
Date Deposited: 23 Nov 2023 04:03
Last Modified: 23 Nov 2023 04:03
URI: http://repository.utp.ac.id/id/eprint/1500

Actions (login required)

View Item View Item