PENGARUH MINAT BACA TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI KECAMATAN PLUPUH KABUPATEN SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2022/2023

KHANSA AI’MMATUL KHASANAH, D0319014 and Pembimbing 1 Aan Budi Santoso, S.Pd, M.Pd, NIPY. 150 347 / 0613038401 and Pembimbing 2 Luncana Faridhah Sasmito, M.Pd, NIDN. 0615099001 (2023) PENGARUH MINAT BACA TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI KECAMATAN PLUPUH KABUPATEN SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2022/2023. skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.

[img] Text
Skripsi KHANSA AI’MMATUL KHASANAH D0319014 - Copy.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui bagaimana minat baca siswa kelas 4 SD di Kecamatan Plupuh, (2) Untuk mengetahui bagaimana hasil belajar bahasa indonesia siswa kelas 4 SD di Kecamatan Plupuh, (3) Untuk mengetahui pengaruh minat baca terhadap terhadap hasil belajar bahasa indonesia siswa kelas 4 SD di Kecamatan Plupuh. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif pendekatan deskriptif. Dengan menggunakan teknik angket dan ujian soal. Dengan teknik pengolahan data regresi sederhana. Berdasarkan hasil analisa data, maka tersusun rangkaian tes pengaruh minat baca terhadap hasil belajar siswa terdiri dari : 1) uji regresi linear sederhana (0,00 < 0,05); 2) uji koefisien determinasi (r2 = 0,535). Simpulan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel bebas (minat baca) dengan variabel terikat (hasil belajar siswa); (2) hasil belajar bahasa indonesia siswa kelas IV SD di Kecamatan Plupuh masuk kategori bagus; (3) diketahui pengaruh minat baca terhadap hasil belajar siswa sebesar 53,5%.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh minat baca, minat baca anak, hasil belajar siswa.
Subjects: Pendidikan
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Fredi Yulianto A.Md.S.I
Date Deposited: 23 Nov 2023 07:12
Last Modified: 23 Nov 2023 07:12
URI: http://repository.utp.ac.id/id/eprint/1505

Actions (login required)

View Item View Item