PENGARUH METODE MENGAJAR DAN KELINCAHAN TERHADAP KETERAMPILAN TEKNIK DASAR DRIBBLE SHOOTING DALAM PERMAINAN SEPAKBOLA PADA SISWA PUTRA KELAS VII MTs NEGERI 5 WONOGIRI TAHUN 2021 (EKSPERIMEN METODE GAYA KOMANDO DAN GAYA LATIHAN) (TESIS)

Cahyo Joko Widodo, E0119005 and Pembimbing 1 Dr. Nuruddin Priya Budi Santoso, M.Or, NIDN. 0603126201 and Pembimbing 2 Dr. Joko Sulistyono, M.Pd, NIDK. 8800201019 (2022) PENGARUH METODE MENGAJAR DAN KELINCAHAN TERHADAP KETERAMPILAN TEKNIK DASAR DRIBBLE SHOOTING DALAM PERMAINAN SEPAKBOLA PADA SISWA PUTRA KELAS VII MTs NEGERI 5 WONOGIRI TAHUN 2021 (EKSPERIMEN METODE GAYA KOMANDO DAN GAYA LATIHAN) (TESIS). skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (262kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Perbedaan pengaruh mengajar gaya komando dan gaya latihan terhadap keterampilan teknik dasar dribble shooting permainan sepakbola pada siswa putra kelas VII MTs Negeri 5 Wonogiri Tahun 2021. (2) Perbedaan pengaruh kelincahan tinggi dan rendah terhadap keterampilan teknik dasar dribble shooting permainan sepakbola pada siswa putra kelas VII MTs Negeri 5 Wonogiri Tahun 2021. (3) Interaksi antara gaya mengajar dengan kelincahan terhadap keterampilan teknik dasar dribble shooting permainan sepakbola pada siswa putra kelas VII MTs Negeri 5 Wonogiri Tahun 2021. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan metode yang digunakan adalah rancangan faktorial 2 x 2. Penelitian ini melibatkan tiga variabel yang terdiri dari dua variabel bebas dan satu variabel terikat. Variabel bebasnya yaitu a, Pendekatan pembelajaran yang merupakan variabel bebas manipulatif. b, Tingkat kemampuan kelincahan yang merupakan Variabel atributif. Sampel sebanyak 40 orang, dimana 20 orang untuk kelompok yang diajar melalui gaya komando, sedang 20 orang yang lain menggunakan gaya latihan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara Tes dengan cara ; (1) Untuk mengukur kelincahan dengan Zig-Zag Test (Johson & Nelson, 1986 : 232). (2) Tes keterampilan teknik dasar dribble shooting permainan sepakbola dari Soekatamsi (2000 : 124 – 125). Hasil penelitian menyimpulkan: (1) Ada pengaruh gaya mengajar antara gaya komando dan gaya latihan terhadap hasil pembelajaran keterampilan teknik dasar dribble shooting permainan sepakbola pada siswa putra kelas VII MTs Negeri 5 Wonogiri Tahun 2021. Pengaruh peningkatan kemampuan dribbling shooting yang ditimbulkan oleh latihan gaya komando rata-rata peningkatanya adalah 7.00, dan gaya latihan rata-rata peningkatannya adalah 4.50. (2) Ada pengaruh yang menyakinkan antara kelincahan tinggi dan rendah terhadap keterampilan teknik dasar dribble shooting permainan sepakbola pada siswa putra kelas VII MTs Negeri 5 Wonogiri Tahun 2021. Pengaruh peningkatan kemampuan dribbling shooting yang ditimbulkan oleh siswa yang memiliki kelincahan tinggi rata-rata peningkatanya adalah 5.50 dan kelincahan rendah rata-rata peningkatanya adalah 3.00. (3). Ada interaksi antara metode mengajar dan kelincahan terhadap keterampilan teknik dasar dribble shooting permainan sepakbola pada siswa putra kelas VII MTs Negeri 5 Wonogiri Tahun 2021.. Keduanya ada hubungan timbal balik.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Mengajar, Kelincahan, Dribble Shooting Sepakbola
Subjects: Pendidikan > jasmani dan kesehetan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Fredi Yulianto A.Md.S.I
Date Deposited: 24 Nov 2023 06:22
Last Modified: 24 Nov 2023 06:22
URI: http://repository.utp.ac.id/id/eprint/1510

Actions (login required)

View Item View Item