PENERAPAN MODIFIKASI BOLA SPON UNTUK MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN PASSING ATAS BOLA VOLI SD N 2 WADUNGGETAS WONOSARI KLATEN

Sahari Indria Permadi, D0419100 and Slamet Santoso, M.Pd, 0611128502 and Satrio Sakti Rumpoko, - (2023) PENERAPAN MODIFIKASI BOLA SPON UNTUK MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN PASSING ATAS BOLA VOLI SD N 2 WADUNGGETAS WONOSARI KLATEN. skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.

[img] Text
skripsi hari ptk 1 potong.pdf

Download (768kB)

Abstract

Tujuan penlitian ini adalah untuk meningkatan hasil pembelajaran passing atas dalam permainan bola voli dengan penerapan modifikasi bola spon pada siswa kelas V SD Negeri 2 Wadunggetas Wonosari Klaten. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Wadunggetas Wonosari Klaten sebanyak 30 siswa (15 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan). Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan passing atas, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunak analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui modifikasi bola spon dapat meningkatkan hasil pembelajaran passing atas. Pada kondisi siklus I penilaian afektif siswa yang tuntas 16 siswa (66,67%) dan siswa yang tidak tuntas 14 (33,34%) , penilaian psikomotorik siswa yang tuntas 19 siswa (67,76%) dan siswa yang tidak tuntas 11 siswa (32,24%), dan penilaian kognitif siswa yang tuntas 18 siswa (68,75%) dan siswa yang tidak tuntas 11 siswa (31,25%). Pada kondisi siklus II penilaian afektif siswa yang tuntas 25 siswa (84%) dan siswa yang tidak tuntas 5 (16%), penilaian psikomotorik siswa yang tuntas 27 siswa (86,11%) dan siswa yang tidak tuntas 3 siswa (13,89%), dan penilaian kognitif siswa yang tuntas 26 siswa (85,21%) dan siswa yang tidak tuntas 4 siswa (14,75%) Nilai rata-rata pada siklus I keseluruhan pada siwa yang tuntas 20 siswa (68,46%) dan siswa yang tidak tuntas 10 siswa (31,54%). Dan nilai rata-rata pada siklus II keseluruhan pada siwa yang tuntas 27 siswa (85,36%) dan siswa yang tidak tuntas 3 siswa (14,64%).penggunaan metode pembelajaran bola voli penerapan media modifikasi pembelajaran dengan bola spon dapat meningkatkan hasi belajar dan pemahaman materi passing atas pada siswa kelas V SD Negeri 2 Wadunggetas Wonosari Klaten Tahun Ajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: modifikasi, bola spon, bola voli, passing atas
Subjects: Pendidikan > jasmani dan kesehetan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Arif Budi Noviyanto A.Md S.I
Date Deposited: 27 Nov 2023 03:08
Last Modified: 27 Nov 2023 03:08
URI: http://repository.utp.ac.id/id/eprint/1513

Actions (login required)

View Item View Item