PENERAPAN MODEL ANIMASI GAMBAR DIAM DALAM PEMBELAJARAN TENTANG PENGENALAN HURUF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA BAGI KELAS 1 SD NGARUM 3 SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2022/2023

DENIS CANDRA ARDIAN, D0319027 and Pembimbing 1 Dr. Harbono, S.Kar, NIDK. 8954830022 and Pembimbing 2 Dr. Margaretha Rismarini, M.Pd, - (2023) PENERAPAN MODEL ANIMASI GAMBAR DIAM DALAM PEMBELAJARAN TENTANG PENGENALAN HURUF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA BAGI KELAS 1 SD NGARUM 3 SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2022/2023. skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.

[img] Text
Skripsi After Sidang Revisi - Copy.pdf

Download (727kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini sebagai berikut: 1). Untuk mengetahui tentang model animasi Gambar dalam proses pembelajaran pengenalan huruf. 2). Untuk mengetahui tentang pengenalan huruf dan kelancaran membaca pada siswa kelas I di SD Ngarum 3 Sragen. 3). Untuk mengetahui tentang Penerapan Model Animasi Gambar Diam dalam proses pembelajaran pengenalan huruf untuk meningkatkan keterampilan membaca pada siswa kelas I di SD Ngarum 3 Sragen. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di SD Ngarum 3 Sragen pada bulan Februari sampai dengan bulan Mei Semester Genap pada Tahun Ajaran 2022/2023. Subyek dalam penelitian sebanyak 21 siswa. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas atau classroom action research, yaitu penelitian yang dilakukan di kelas dengan tujuan memperbaiki atau meningkatkan mutu praktik pembelajaran. Berdasarkan hasil pengolahan data dari perbaikan pembelajaran yang telah dilaksanakan dapat ditarik kesimpulan : 1) Penerapan Model Animasi Gambar Diam dalam pembelajaran tentang pengenalan huruf sesuai dengan pembelajaran Bahasa Indonesia. Dengan Penerapan Model Animasi Gambar Diam siswa dapat mengenal dan mengingat huruf yang telah siswa dapatkan dengan cepat dan tepat. 2) Hasil dari Penelitian Tindakan Kelas dengan Penerapan Model Animasi Gambar Diam diaam dalam pembelajaran tentang pengenalan huruf ini adalah: Pada pra siklus nilai rata-rata yang diperoleh adalah 65,47. Sedangkan dilihat dari ketuntasan belajar siswa sebanyak 17 siswa tidak tuntas dan hanya 4 siswa yang tuntas. Pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 77,95 masih kurang dari 80. Siswa yang mempunyai nilai di bawah KKM sebanyak 8 siswa dan yang mencapai KKM sebanyak 13 siswa. Pada siklus II nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 85,57 melebihi indikator keberhasilan yaitu 80. Siswa yang telah mencapai KKM yaitu sebanyak 20 siswa dan sebanyak 1 siswa yang tidak tuntas. 3) Berdasarkan hasil Penelitian Tindakan Kelas maka hipotesis yang mengatakan: “Penerapan Model Animasi Gambar Diam dalam pembelajaran tentang pengenalan huruf”, terbukti kebenarannya

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Animasi Gambar, Pengenalan Huruf Ketrampilan Membaca
Subjects: Pendidikan
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Fredi Yulianto A.Md.S.I
Date Deposited: 02 Jan 2024 03:54
Last Modified: 02 Jan 2024 03:54
URI: http://repository.utp.ac.id/id/eprint/1699

Actions (login required)

View Item View Item