MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI BAGIAN-BAGIAN TUMBUHAN BAGI SISWA KELAS IV SD NEGERI PURO 1 TAHUN AJARAN 2022/2023

ROBBIULAWATI RUSPIAH, D0320009 and Pembimbing 1 Rika Yuni Ambarsari, S.Pd., M.Pd, NIDN. 0603068903 and Pembimbing 2 Ninda Beny Asfuri, S.Pd.M.Pd, NIDN. 0620098802 (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI BAGIAN-BAGIAN TUMBUHAN BAGI SISWA KELAS IV SD NEGERI PURO 1 TAHUN AJARAN 2022/2023. skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.

[img] Text
Skripsi Robbiulawati Ruspiah_D0320009 - Copy.pdf

Download (837kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA melalui model CTL materi bagian-bagian tumbuhan pada siswa kelas VI SD Negeri Puro 1 tahun pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang dilakukan adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). PTK merupakan sebuah tindakan yang dilakukan di dalam kelas menggunakan penelitian kolaboratif antara peneliti dan guru kelas IV SD Negeri Puro 1. Dengan menerapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar IPA bagi siswa kelas IV semester II SD Negeri Puro 1. Kegiatan penelitian direncanakan sebanyak 2 siklus Berdasarkan kajian yang dilakukan yaitu setelah menggunakan metode Contextual Teaching and Learning (CTL) mengalami kenaikan hasil belajar materi bagian-bagian tumbuhan, dari rata-rata kelas 64 pada kondisi awal, naik menjadi 72 pada Siklus I, kemudian pada Siklus II naik menjadi 82 (indikator kinerja 75 sudah tercapai).

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: IPA, hasil belajar, pendekatan pembelajaran, CTL, tumbuhan
Subjects: Pendidikan
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Fredi Yulianto A.Md.S.I
Date Deposited: 02 Jan 2024 05:49
Last Modified: 02 Jan 2024 05:49
URI: http://repository.utp.ac.id/id/eprint/1707

Actions (login required)

View Item View Item