UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN SEDERHANA MELALUI MEDIA KARTU PECAHAN DI KELAS III SD NEGERI TUNGGULSARI II

EVITA ROSDIANA, D0319026 and Pembimbing 1 Ninda Beny Asfuri, S.Pd.M.Pd, NIDN. 0620098802 and Pembimbing 2 Rika Yuni Ambarsari, S.Pd, M.Pd, NIDN. 0603068903 (2023) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN SEDERHANA MELALUI MEDIA KARTU PECAHAN DI KELAS III SD NEGERI TUNGGULSARI II. skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.

[img] Text
SKRIPSI EVITA - Copy.pdf

Download (959kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III SD Negeri Tunggulsari II Tahun Ajaran 2022/2023 melalui media kartu pecahan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis & McTaggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SD Negeri Tunggulsari II yang berjumlah 23 siswa, terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Objek penelitian ini adalah hasil belajar matematika materi pecahan sederhana setelah menggunakan media kartu pecahan. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Keberhasilan penelitian ini adalah minimal 80% dari jumlah siswa mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan sekolah yaitu 75 dan presentase aktivitas guru dan siswa yang diperoleh mencapai 75% dengan klasifikasi baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media kartu pecahan dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi membandingkan pecahan sederhana siswa kelas III SD Negeri Tunggulsari II Hasil observasi pada siklus I dan II menunjukkan peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran menggunakan media kartu pecahan dari 68% menjadi 83,3% dan aktivitas guru meningkat dari 73,3% menjadi 85%. Peningkatan presentase siswa yang mencapai nilai KKM pada siklus I dan siklus II sebesar 47,83% yakni dari 11 siswa (39,13%) menjadi 20 siswa (86,96%). Rata-rata hasil belajar pada siklus I ke siklus II meningkat yaitu dari 63,89 menjadi 86,81.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Media Kartu Pecahan
Subjects: Pendidikan
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Fredi Yulianto A.Md.S.I
Date Deposited: 02 Jan 2024 05:58
Last Modified: 02 Jan 2024 05:58
URI: http://repository.utp.ac.id/id/eprint/1708

Actions (login required)

View Item View Item