PENERAPAN METODE IMAGE STREAMING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGARANG PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 03 WONOREJO KABUPATEN KARANGANYAR

Zahra Nuuru Fatimah, D0319037 and Pembimbing 1 Dr. Margaretha Rismarini, M.Pd, - and Pembimbing 2 Rika Yuni Ambarsari, S.Pd, M.Pd, NIDN. 0603068903 (2023) PENERAPAN METODE IMAGE STREAMING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGARANG PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 03 WONOREJO KABUPATEN KARANGANYAR. skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.

[img] Text
Skripsi Zahra Nuuru F (D0319037) - Copy.pdf

Download (671kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengarang siswa pada siswa kelas V SD Negeri 03 Wonorejo. Jenis penelitian ini adalah menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara kolaborasi antara peneliti dan guru kelas dengan subyek penelitiannya siswa kelas V SD Negeri 03 Wonorejo yang berjumlah 30 siswa yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Penelitian dilakukan dua siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah model analisis deskriptif komparatif. Analisis yang dilakukan pada saat tindakan dan setelah tindakan. Data penelitian diperoleh terdiri dari hasil observasi, wawancara, hasil tes mengarang, hasil angket dan catatan lapangan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan nilai rata-rata kinerja peneliti sebagai guru dalam melakukan tindakan dikelas pada Pra Siklus, Siklus I dan Siklus II menunjukkan bahwa adanya peningkatan nilai rata-rata pada tiap siklus tersebut. Pada Pra Siklus nilai rata-rata observasi kinerja peneliti sebesar 2,00 dengan kriteria Cukup. Pada Siklus I rata-rata nilai hasil observasi kinerja peneliti mengalami peningkatan sebesar 2,50 dengan kriteria Baik. Pada Siklus II rata-rata nilai observasi kinerja peniliti mengalami peningkatan kembali sebesar 3,25 dengan kriteria Sangat Baik. Hasil kinerja aktivitas siswa ditunjukkan dengan nilai rata-rata pra siklus sebesar 2,00 mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 2,50 dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 3,25 Dengan peningkatan kemampuan mengarang yang ditunjukkan oleh nilai rata-rata Isi/Subtansi Karangan pada pra siklus sebesar 23,03 , meningkat pada siklus I menjadi 27,10 dan mengalami peningkatan lagi pada siklus II sebesar 30,43. Bentuk Karangan pada prasiklus sebesar 17,30, meningkat pada siklus I menjadi 19,87 dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 22,97. Pemilihan Tata Bahasa pada pra siklus sebesar 8,90 meningkat pada siklus I sebesar 9,03 dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 12,53. Penerapan EYD pada pra siklus sebesar 4,57 meningkat pada siklus I sebesar 5,27 dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 10,4. Kreatifitas pada pra siklus sebesar 5,67 meningkat pada siklus I sebesar 5,97 dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 9,50. Penggunaan metode Image Streaming tepat diterapkan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi mengarang yang berdampak pada peningkatan kinerja peneliti dan kemampuan menulis karangan siswa kelas V SD Negeri 03 Wonorejo. Kata Kunci: Metode Image Streaming, Kemampuan mengarang.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Pendidikan
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Fredi Yulianto A.Md.S.I
Date Deposited: 02 Jan 2024 06:23
Last Modified: 02 Jan 2024 06:23
URI: http://repository.utp.ac.id/id/eprint/1711

Actions (login required)

View Item View Item