UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TENTANG PELESTARIAN HEWAN DAN TUMBUHAN MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA SISWA KELAS VIB SEMESTER I SD MUHAMMADIYAH WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2021/2022

NOFRIYETI, D0320019 (2022) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TENTANG PELESTARIAN HEWAN DAN TUMBUHAN MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA SISWA KELAS VIB SEMESTER I SD MUHAMMADIYAH WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2021/2022. skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.

[img] Text
SKRIPSI_ Nofriyeti Revisi edit.pdf

Download (259kB)

Abstract

Upaya meningkatkan hasil belajar tentang pelestarian hewan dan tumbuhan melalui penggunaan model pembelajaran Talking Stick pada siswa kelas VIB Semester I SD Muhammadiyah Wonogiri tahun pelajaran 2021/2022. Pembimbing : Rika Yuni Ambarsari, S.Pd, M.Pd, Luncana Faridhoh Sasmito, M.Pd Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa tentang pelestarian hewan dan tumbuhan dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran Talking Stick pada siswa kelas VIB Semester I SD Muhammadiyah Wonogiri tahun pelajaran 2021/2022. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIB Semester I SD Muhammadiyah Wonogiri tahun pelajaran 2021/2022 sejumlah 25 siswa terdiri dari 10 laki-laki dan 15 siswi perempuan. Skripsi ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam dua siklus dengan tiap siklusnya terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengambilan data dilakukan dengan tes dan non tes. Teknik analisa data yang digunakan adalah secara kuantitatif untuk data tes dan kualitatif untuk data non tes. Alat pengambilan data non tes berupa observasi dan dokumentasi. Berdasarkan analisa hasil pengamatan, pemberian tindakan pada Siklus I dan Siklus II didapatkan hasil penelitian, yaitu : 1) Terdapat peningkatan proses pembelajaran siswa tentang pelestarian hewan dan tumbuhan melalui penerapan model pembelajaran Talking Stick pada siswa kelas VIB Semester I SD Muhammadiyah Wonogiri tahun pelajaran 2021/2022. Pada kondisi Pra Siklus rata-rata 48,00 % (cukup baik), kemudian pada Siklus I rata-rata 72,00 % (baik), terakhir pada Siklus II rata-rata 100% (sangat baik). 2) Terdapat peningkatan nilai hasil belajar KI-3 mengidentifikasi pelestarian hewan dan tumbuhan melalui penerapan model pembelajaran Talking Stick pada siswa kelas VIB Semester I SD Muhammadiyah Wonogiri tahun pelajaran 2021/2022. Pada kondisi awal rata-rata 62,40 (masih memerlukan bimbingan), kemudian pada Siklus I rata-rata 70,80 (cukup), terakhir pada Siklus II rata-rata 78,80 (cukup). 3) Terdapat peningkatan nilai hasil belajar KI-4 menyajikan karya tentang perkembangbiakan tumbuhan melalui penerapan model pembelajaran Talking Stick pada siswa kelas VIB Semester I SD Muhammadiyah Wonogiri tahun pelajaran 2021/2022. Pada kondisi awal rata-rata 53,50 (kurang terampil), kemudian pada Siklus I rata-rata 71,00 (cukup terampil), terakhir pada Siklus II rata-rata 84,00 (terampil).

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Fredi Yulianto A.Md.S.I
Date Deposited: 17 Oct 2022 06:00
Last Modified: 01 Sep 2023 07:49
URI: http://repository.utp.ac.id/id/eprint/182

Actions (login required)

View Item View Item