ANALISIS MODEL SALURAN PEMASARAN BAWANG MERAH (Alliumascalonium L) DI DESA WONODOYO KABUPATEN BOYOLALI

Suswadi Suswadi, - and T., Nurrokhim ANALISIS MODEL SALURAN PEMASARAN BAWANG MERAH (Alliumascalonium L) DI DESA WONODOYO KABUPATEN BOYOLALI. unsika kediri.

[img] Text
analisis model saluran.pdf

Download (3MB)
[img] Text
MODEL SALURAN PEMASARAN hasil turnitn.pdf

Download (2MB)

Abstract

Aktivitas Pemasaran merupakan hal yang penting dalam sistem agribisnis mulai dari subsistem input, on farm, pemasaran dan pengolahan hasil serta subsistem penunjang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis saluran pemasaran, keuntungan tiap lembaga pemasaran, margin pemasaran dan menganalisis efesiensi dari masing-masing pemasaran di Desa Wonodoyo Kecamatan Cepogo Kabupaten Boyolali. Penelitian ini mengunakan metode pengumpulan data mengunakan 2 metode yaitu simple random sampling dan snowball sampling dengan mengambil 30 responden. Hasil penelitian ini menunjukan terdapat 2 model saluran pemasaran. Total keuntungan pada saluran I sebesar Rp 5.789,00 per kg, margin pemasaran sebesar Rp 7.600,00 per kg. Farmer’s share sebesar 56,57%. Pada saluran pemasaran II total keuntungan Rp 6.634,50. Margin pemasaran Rp 8.500 per kg. Farmer’s share sebesar 51,43%. Kedua saluran pemasaran baik msaluran I maupun II efisien karena Farmer’s share lebih dari 50%. Pada saluran I lebih efisien dari pada saluran pemasaran II karena nilai margin pada saluran pemasaran I memiliki margin sebesar Rp. 7.600,00 per kg sedangkan saluran II memiliki margin pemasaran sebesar Rp. 8.500,00 per kg. Kata kunci: Pemasaran, Bawang Merah, Margin, Efisiensi.

Item Type: Article
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroteknologi
Depositing User: Ikawati Hadi Utami A.Md
Date Deposited: 18 Jan 2024 09:39
Last Modified: 18 Jan 2024 09:46
URI: http://repository.utp.ac.id/id/eprint/1844

Actions (login required)

View Item View Item