MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA TOPIK PERUBAHAN SIFAT BENDA KELAS III MI SUDIRMAN CEPLUKAN MENGGUNAKAN QUANTUM TEACHING

FREDY KURNIAWAN, D0318005 (2022) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA TOPIK PERUBAHAN SIFAT BENDA KELAS III MI SUDIRMAN CEPLUKAN MENGGUNAKAN QUANTUM TEACHING. skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.

[img] Text
skripsi fredy bismillah(1) edit.pdf

Download (810kB)

Abstract

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Topik Perubahan Sifat Benda Kelas III MI SUDIRMAN CEPLUKAN”. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tunas Pembangunan Surakarta. Pembimbing : Luncana. F.S, S.Pd., MPd, Rika Yuni Ambarsari, S.Pd.,M.pd Ilmu Pengetahuan Alam merupakan salah satu pengetahuan yang diajarkan di SD / MI. Peneliti ini di latar belakangi oleh pembelajaran IPA yang masih berpusat pada guru dan siswa kurang di libatkan dalam proses pembelajaran.. Sebagai solusinya, maka dilaksanakan pembelajaran IPA dengan menggunakan metode Quantum Teaching melalui Penelitisan Tindakan Kelas untuk Meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi perubahan sifat benda . Sehingga permasalahan pada penelitian ini adalah “ Apakah dengan menggunakan Metode Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPA pada materi perubahan sifat benda Kelas III MI SUDIRMAN CEPLUKAN?”. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersifat Kolaboratif, dengan teknis analisis data menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Metode dan instrumen penggalian data menggunakan Tes, Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Dari hasil penelitian Diketahui bahwa setelah dilakukan PTK, hasil belajar mata pelajaran IPA Materi perubahan sifat benda menggunakan metode Quantum Teaching di Kelas III Semester I mengalami peningkatan. Hal ini terbukti dari hasil adanya peningkatan hasil belajar siswa pada tes awal dengan persentase ketuntasan sebesar 37,1 % dan pada siklus I meningkat setelah menggunakan Quantum Teaching dengan hasil persentase sebanyak 88,8%. Jadi dari tes awal dan siklus I terjadi peningkatan hasil belajar siswa sebanyak 51,7 %.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Fredi Yulianto A.Md.S.I
Date Deposited: 02 Nov 2022 02:54
Last Modified: 01 Sep 2023 07:36
URI: http://repository.utp.ac.id/id/eprint/195

Actions (login required)

View Item View Item