HAFIZ NUR WICAKSONO, D0318007 (2022) ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN EJAAN BAHASA INDONESIA PADA TEKS CERITA PENDEK PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI SAYANGAN NO 244 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2021-2022. skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.
Text
Skripsi Hafiz Nur Wicaksono FIX Banget edit.pdf Download (816kB) |
Abstract
Kesalahan Penggunaan Ejaan Bahasa Indonesia Dalam Teks Cerita Pendek Peserta Didik Kelas IV SD Negeri Sayangan NO 244 Surakarta. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) Mendeskripsikan kesalahan penggunaan Ejaan Bahasa Indonesia yang terjadi pada teks Cerita Pendek peserta didik kelas IV SD Negeri Sayangan. 2) Mendeskripsikan faktor penyebab kesalahan penggunaan Ejaan Bahasa Indonesia yang terjadi pada teks Cerita Pendek peserta didik kelas IV SD Negeri Sayangan. Serta: 3)Mendeskripsikan upaya guru untuk mengatasi kesalahan penggunaan Ejaan Bahasa Indonesia yang terjadi pada teks Cerita Pendek peserta didik kelas IV SD Negeri Sayangan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan pelaksanaan observasi pada 16 siswa, wawancara pada Guru kelas IV dan 3 siswa, serta mengambil dokumen berbentuk teks Cerita Pendek pada 16 siswa kelas IV SD Negeri Sayangan NO 244 Surakarta. Data yang telah dikumpulkan dianalisis dengan analisis deskriptif, analisis hasil observasi, analisis hasil wawancara, serta analisis hasil dokumen . Hasil Penelitian menunjukan bahwa: 1) masih terdapat beberapa siswa yang mengalami kesulitan menulis dalam menulis cerita pendek di SD Negeri Sayangan No 244 Laweyan Surakarta. 2) Faktor Internal penyebab kesulitan menulis siswa dalam menuliskan Cerita Pendek di SD Negeri Negeri Sayangan No 244 Laweyan Surakarta yaitu lambatnya siswa dalam memahami materi, dan kurangnya partisipasi dan respon siswa. Serta: 3) faktor Eksternal penyebab kesulitan kesulitan menulis siswa dalam menuliskan Cerita Pendek di SD Negeri Negeri Sayangan No 244 Laweyan Surakarta: 1) Pengaruh teman dikelas, serta pengaruh lingkungan keluarga orang tua yang jarang membimbing dan memotivasi siswa untuk belajar dirumah.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Fredi Yulianto A.Md.S.I |
Date Deposited: | 02 Nov 2022 05:31 |
Last Modified: | 01 Sep 2023 07:40 |
URI: | http://repository.utp.ac.id/id/eprint/197 |
Actions (login required)
View Item |