PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA KELAS V SDIT SHAHABAT KECAMATAN PLUPUH KABUPATEN SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Anik Nur Hidayah, D0318020 (2022) PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA KELAS V SDIT SHAHABAT KECAMATAN PLUPUH KABUPATEN SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2021/2022. skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.

[img] Text
Anik Nur Hidayah D 0318020 edit.pdf

Download (578kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis penggunaan media pembelajaran puzzle dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan pada manusia di kelas V SDIT Shahabat tahun pelajaran 2021/2022. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Penelitian Tindakan Kelas merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh pendidik atau bersama-sama dengan orang lain (kolaborasi) yang dilakukan di ruang kelas dengan tujuan untuk mengubah perilaku mengajar guru, perilaku peserta didik, peningkatan atau perbaikan praktik pembelajaran kelas yang diajar oleh guru tersebut sehingga terjadi peningkatan layanan profesional guru dalam menangani proses pembelajaran. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDIT Shahabat Plupuh Sragen yang berjumlah 8 siswa yakni 3 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan 2 kali pertemuan pada tiap siklusnya. Pada tiap siklus terdiri dari 4 tahap yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan observasi. Kondisi awal presentase ketuntasan hasil belajar siswa adalah 25% dengan rata-rata nilai 55. Pada siklus I presentase ketuntasan menjadi 62.5% dengan rata-rata 68.75 dan mengalami peningkatan pada siklus II yakni presentase nilai mencapai 87.5% dengan rata-rata 78.75. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media puzzle dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan manusia.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Fredi Yulianto A.Md.S.I
Date Deposited: 02 Nov 2022 05:38
Last Modified: 01 Sep 2023 07:31
URI: http://repository.utp.ac.id/id/eprint/198

Actions (login required)

View Item View Item