PENERAPAN METODE MIND MAPPING PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI SAYANGAN NO. 244 LAWEYAN SURAKARTA TAHUN AJARAN 2021/2022

LISA ANASTASYA, D0317017 (2022) PENERAPAN METODE MIND MAPPING PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI SAYANGAN NO. 244 LAWEYAN SURAKARTA TAHUN AJARAN 2021/2022. skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.

[img] Text
SKRIPSI FIX LISA ANASTASYA (D0317017)(1) edit.pdf

Download (456kB)

Abstract

Pelaksanaan kegiatan pembelajaran harus benar-benar terarah agar sesuai dengan fungsi dan tujuan pendidikan yang telah ditetapkan. Permasalahan yang terjadi di sekolah dasar yaitu kurang maksimalnya pendidik dalam menggunakan metode pembelajaran yang tepat dengan karakteristik peserta didik dan materi yang diajarkan. Berdasarkan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan (1) untuk mendeskripsikan penerapan metode mind mapping pada pembelajaran IPA di kelas IV SD Negeri Sayangan No.244 Laweyan Surakarta, (2) untuk mengetahui pengaruh penerapan metode mind mapping pada pembelajaran IPA di kelas IV SD Negeri Sayangan No.244 Laweyan Surakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah guru kelas IV SD Negeri Sayangan No.244 Laweyan Surakarta. Sumber data diperoleh dari informan yaitu siswa kelas IV SD Negeri Sayangan No.244 Laweyan Surakarta. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah snowball sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi sumber. Analisis data meliputi : reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode mind mapping pada pembelajaran IPA di kelas IV SD Negeri Sayangan No.244 Laweyan Surakarta guru sudah berjalan dengan baik, dengan tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pengaruh penerapan metode mind mapping pada pembelajaran IPA di kelas IV SD Negeri Sayangan No.244 Laweyan Surakarta, yaitu (1) Menjadikan pembelajaran tidak monoton, (2) Dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, (3) Memudahkan siswa dalam mengingat materi, (4) Pembelajaran menjadi sistematis dan terarah.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Fredi Yulianto A.Md.S.I
Date Deposited: 02 Nov 2022 05:43
Last Modified: 01 Sep 2023 07:45
URI: http://repository.utp.ac.id/id/eprint/199

Actions (login required)

View Item View Item