LALANG ATLETIKA, D0217118 (2022) UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN LARI CEPAT DENGAN MENGGUNAKAN METODE PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 KEDUNGAN KECAMATAN PEDAN KABUPATEN KLATEN TAHUN 2021. skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.
Text
SKRIPSI_LALANG ATLETIKA edit.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pembelajaran lari cepat melalui metode bermain pada sis kelas V SD Negeri 1 Kedungan Kecamatan Pedan Kabupaten Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), yaitu salah satu jenis penelitian yang dilakukan guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelasnya. Subyek penelitian ini terdiri atas 13 siswa laki-laki dan 3 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi yaitu melakukan pengamatan terhadap subyek penelitian dengan lembar observasi yang sudah disiapkan, pengamatan sebelum pembelajaran, saat pembelajaran, dan setelah pembelajaran serta angket. Instrument yang digunakan adalah lembar observasi, angket, dan catatan. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskritif dengan menggunakan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan hasil pembelajaran lari cepat menggunakan metode bermain. Peningkatan ditunjukan adanya peningkatan motivasi, kerjasama dan perkembangan gerak lari cepat siswa dalam pembelajaran. Hasil dari pra siklus terdapat 3 siswa yang berhasil tuntas belajar dengan persentase nilai rata-rata hasil belajar 44%. Pada siklus I terdapat 11 siswa yang berhasil tuntas belajar dengan persentase nilai rata-rata hasil belajar 69%. Sedangkan pada siklus II terdapat 13 siswa yang berhasil tuntas belajar dengan persentase nilai rata-rata hasil belajar 81%.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Pendekatan Bermain , Pembelajaran Lari Cepat |
Subjects: | Pendidikan > Kepelatihan Olahraga |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga |
Depositing User: | Fredi Yulianto A.Md.S.I |
Date Deposited: | 09 Nov 2022 04:01 |
Last Modified: | 07 Sep 2023 03:45 |
URI: | http://repository.utp.ac.id/id/eprint/255 |
Actions (login required)
View Item |