PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI BENTAK I TAHUN AJARAN 2020/2021

ISMAIL FADKHUL HIDAYAH, D0314039 (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI BENTAK I TAHUN AJARAN 2020/2021. skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.

[img] Text
SKRIPSI ISMAIL FADKHUL HIDAYAH _ D0314039 edit.pdf

Download (777kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil matematika dengan menggunakan model pembelajaran cooperative scriptpada siswa kelas IV SD Negeri Bentak I Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang berisi alur penelitian yang meliputi empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Empat tahapan tersebut membentuk siklus. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif, yaitu keterkaitan antara tiga komponen antara lain: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan cooperative script dapat meningkatkan hasil belajar FPB dan KPK padasiswakelas IV SD Negeri Bentak I Tahun Pelajaran 2019/2020. Hal ini terbukti dengan meningkatnya hasil belajar siswa dari sebelum dan sesudah dilaksanakannya tindakan. Pada saat pra tindakan nilai rata-rata sebesar 52,25 pada siklus I meningkat menjadi 65,25, dan pada siklus II meningkat signifikan menjadi 76,5. Sedangkan untuk prosentase ketuntasan siswa menurut Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 70, pada saat pra tindakan siswa yang tuntas sebanyak 6 siswa atau 30% dari jumlah keseluruhan 20 siswa. Pada siklus I prosentase meningkat sebesar 60 % yaitu dari siswa yang tuntas sebanyak 20 siswa atau 30% pada saat pra tindakan, meningkat menjadi 12 siswa atau sebesar 60% pada saat siklus I dari jumlah keseluruhan siswa 20 siswa. Pada siklus II prosentase ketuntasan kembali menunjukkan peningkatan sebesar 30% yaitu dari siswa yang tuntas sebanyak 20 siswa atau sebesar 60% pada saat siklus I, meningkat menjadi 18 siswa atau sebesar 90% pada saat siklus II dari jumlah keseluruhan 20 siswa.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Cooperative Script, Hasil Belajar FPB dan KPK
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Fredi Yulianto A.Md.S.I
Date Deposited: 18 Nov 2022 07:04
Last Modified: 01 Sep 2023 07:42
URI: http://repository.utp.ac.id/id/eprint/340

Actions (login required)

View Item View Item