ILHAM DANANG PRASTIKA, D0418091 (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN SERVIS ATAS BOLA VOLI DENGAN METODE KOTAK TARGET PADA SISWA KELAS 5 SDN 3 BANGUNSARI. skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.
Text
D0418091 ILHAM DANANG PRASTIKA edit.pdf Download (783kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kemampuan akurasi servis atas peserta didik kelas V SDN 3 Bangunsari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan akurasi servis atas bola voli dengan metode kotak target peserta didik kelas V SDN 3 Bangunsari. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilakukan secara kolaboratif dan partisipatif. Desain penelitian ini menggunakan model Kurt Lewin dalam 2 siklus dan setiap siklus terdapat 2 pertemuan yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan & observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 3 Bangunsari yang berjumplah 31 siswa. Hasil penelitian menujukan bahwa kemampuan akurasi servis atas bola voli dengan metode kotak target peserta didik kelas V SDN 3 Bangunsari mengalami peningkatan, yaitu dari Hasil tes siklus I kategori baik sekali 0 siswa atau 0%, baik 1 siswa atau 3,23%, sedang 11 siswa atau 35,48%, kurang 9 siswa atau 29,03%, dan kurang sekali 10 siswa atau 32,26%. Pada siklus II kategori baik sekali 6 siswa atau 19,35%, baik 18 siswa atau 58,06%, sedang 3 siswa atau 9,68%, kurang 2 siswa atau 6,45%, dan kurang sekali 2 siswa atau 6,45%. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus II secara klasikal telah mencapai indicator keberhasilan sebesar 77,42% pada kategori baik dan baik sekali.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Servis, voli, kotak target |
Subjects: | Pendidikan > jasmani dan kesehetan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Fredi Yulianto A.Md.S.I |
Date Deposited: | 21 Nov 2022 03:59 |
Last Modified: | 08 Sep 2023 03:27 |
URI: | http://repository.utp.ac.id/id/eprint/354 |
Actions (login required)
View Item |