PENGGUNAAN MEDIA PAPAN MUSI PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI FPB DAN KPK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD KRISTEN TRI PUTRA BAKTI SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2021/2022

MARGARETHA YUNITRI, NIM: D0318010 (2022) PENGGUNAAN MEDIA PAPAN MUSI PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI FPB DAN KPK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD KRISTEN TRI PUTRA BAKTI SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2021/2022. skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.

[img] Text
Skripsi Jadi Bab 12345 (Margaretha Yunitri_D0318010) edit.pdf

Download (863kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan media papan musi dapat meningktkan hasil belajar FPB dan KPK pada siswa kelas IV Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) artinya penelitian yang melakukan tindakan agar dapat meningkatkan praktek pembelajaran di kelas tindakan penelitian ini dilakukan menjadi dua siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasing, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru kelas IV SD Kristen tri Putra Bakti Surakarta Tahun Pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 13 siswa dengan rincian 10 Siswa laki-laki dan 3 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode pengamatan, wawancara, kajian dokumen, tes, dan dokumentasi. Analisisi pada data pada Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini yaitu melalui model analisis deskriptif komperatif yang membandindingkan hasil dari observasi kondisi awal dengan setelah menggunakan media papan musi. Berdasarkan hasil tindakan yang telah dilaksanakan dalam dua siklus dan indikator yang telah ditetapkan, dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: bahwa melalui media pembelajaran papan musi dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran Matematika khususnya pada materi FPB dan KPK pada siswa kelas IV SD Kristen Tri Putra Bakti Surakarta Tahun Pelajaran 2021/2022. Hal ini dapat dilihat dari kondisi awal sebelum dilaksanakan tindakan nilai rata-rata hasil belajar siswa materi FPB dan KPK sebesar 49,61 dengan prosentase ketuntasan 7,69%. Pada siklus I meningkat menjadi 63,76 dengan prosentase ketuntasan 38,46%. Pada siklus II meningkat lagi menjadi 78,07 dengan prosentase ketuntasan 92,31%. Peningkatan hasil belajar matematika melalui media papan musi dapat dilaksanakan untuk meningkatkan hasil belajar matematika dikelas IV sehingga dapat meningkatkan hasul belajar siswa. Dengan demikian, penggunaan media papan musi tepat diterapkan dalam pembelajaran Matematika khususnya pada materi FPB dan KPK yang berdampak pada peningkatan kinerja peniliti, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas IV SD Kristen Tri Putra Bakti Surakarta Tahun Pelajaran 2021/2022

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Matematika dan Media Papan Musi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Fredi Yulianto A.Md.S.I
Date Deposited: 28 Nov 2022 02:51
Last Modified: 28 Nov 2022 02:51
URI: http://repository.utp.ac.id/id/eprint/446

Actions (login required)

View Item View Item