Whisna Destia Putri, D0318009 (2022) PENINGKATAN KETRAMPILAN MEMBACA NYARING MELALUI MEDIA PIAS-PIAS KATA PADA SISWA KELAS 1 SD NEGERI 02 BAKALAN TAHUN PELAJARAN 2021/2022. skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.
Text
skripsi 12345 WISNA wisuda fix edit.pdf Download (363kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca nyaring melalui media pias-pias kata kepada peserta didik di Kelas I SDN 02 Bakalan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Penelitian tindakan ini dilaksanakan dengan kolaborasi antara guru dengan peneliti. subjek Penelitian Tindakan Kelas ini adalah seluruh peserta didik kelas I SDN 02 Bakalan , dengan jumlah anak 11 peserta didik. Metode pengumpulan data, pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan membaca permulaan. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil observasi sebelum tindakan dan setelah dilakukan tindakan. Sebelum tindakan diperoleh persentase kemampuan membaca nyaring dengan persentase 27,27%, mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 72,72%. Pada pelaksanaan siklus II peneliti memperbaiki kegiatan pembelajaran. Pertama, metode pembelajaran agar lebih mudah guru dalam memberi bimbingan pada setiap anak. Kedua, memperbaiki media pias-pias kata menjadi lebih besar dan menarik agar lebih jelas. Ketiga, memperhatikan penggunaan waktu agar anak memiliki waktu untuk bermain dengan media kata. Setelah pelaksanaan siklus II kemampuan membaca nya ring pada peserta didik meningkat sebesar 90,09% dari siklus I.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penggunaan Media Pias-pias Kata Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Nyaring Pada Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Fredi Yulianto A.Md.S.I |
Date Deposited: | 30 Nov 2022 02:39 |
Last Modified: | 30 Nov 2022 02:39 |
URI: | http://repository.utp.ac.id/id/eprint/466 |
Actions (login required)
View Item |