PERBEDAAN PENGARUH METODE LATIHAN TERHADAP PENINGKATAN KETRAMPILAN PASSING DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA (Eksperimen Perbedaan Pengaruh Metode Latihan Konvensional Dan Menggunakan Audio Visual Terhadap Peningkatan Keterampilan Passing Dalam Permainan Sepak Bola Pada Atlet Putra Usia 12 - 14 Tahun SSB Rajawali FC Slogohimo Wonogiri Tahun 2020)

BUDI SUSILO, D0216025 and Pembimbing 1 Agus Supriyoko, S.Pd, M. Or, NIDN. 0616088003 and Pembimbing 2 Bagus Kuncoro, S.Pd, M.Or, NIDN. 0623088702 (2021) PERBEDAAN PENGARUH METODE LATIHAN TERHADAP PENINGKATAN KETRAMPILAN PASSING DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA (Eksperimen Perbedaan Pengaruh Metode Latihan Konvensional Dan Menggunakan Audio Visual Terhadap Peningkatan Keterampilan Passing Dalam Permainan Sepak Bola Pada Atlet Putra Usia 12 - 14 Tahun SSB Rajawali FC Slogohimo Wonogiri Tahun 2020). skripsi thesis, Universitas Tunas Pembangunan.

[img] Text
D0216025.pdf

Download (961kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan pengaruh metode latihan passing dengan audio visual dan konvesional terhadap kemampuan passing ke gawang dalam permainan sepak bola pada atlet usia 12 – 14 tahun SSB Rajawali FC Slogohimo Wonogiri tahun 2020. (2) Untuk mengetahui latihan yang lebih baik pengaruhnya antara metode latihan passing dengan audio visual dan konvensiaonl terhadap kemampuan passing ke gawang dalam permainan sepak bola pada atlit usia 12 – 14 tahun SSB Rajawali FC slogohimo Wonogiri Tahun 2020. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan pretest-protest design. Populasi dalam penelitian ini adalah atlet pemain putra usia 12-14 tahun SSB Rajawali FC Slogohimo Wonigiri tahun 2020 yang berjumlah 28 atlet, dengan teknik pengambilan sampling yang digunakan adalah random Sampling. Sampel dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok 1 sebanyak 14 atlet, mendapat perlakuan latihan passing menggunakan metode latihan konvesi- oanl dan kelompok 2 sebanyak 14 atlet, mendapat perlakuan latihan metode kon- vesional Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan pengukuran menggunakan petunjuk tes keterampilan passing sepakbola. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis statistik menggunakan uji t pada taraf signifikasi 5%, untuk memenuhi asumsi hasil penelitian dilakukan uji persyaratan analisis yaitu dengan uji normalitas,uji, homogenitas , uji perbedaan dan persentase pening- katan. Berdasarkan hasil penelitian dan hasil analisis data yang telah dilakukan, ternyata hipotesis yang diajukan dapat diterima. Dengan demikian dapat diperoleh simpulan sebagai berikut: 1).Ada perbedaan pengaruh latihan passing dengan metode audio visual dan konvesional terhadap kemampuan passing kegawang da- lam permainan sepak bola pada atlit usia 12 – 14 tahun SSB Rajawali FC Slogo- himo Wonogiri tahun 2020. Hal tersebut terbukti dari nilai sig. (2-tailed) pada paired samples test sebesar 0.00 atau < 0,05. 2). Metode latihan audio visual lebih baik daripada metode konvensional dalam meningkatkan kemampuan passing gawang atlit usia 12-14 tahun SSB Rajawali. Hal tersebut dilihat dari data post- test yang memiliki nilai yang lebih besar pada kelompok B (Audio visual) dari pada kelompok A (konvensional). Dengan hasil kelompok A = 7,64 < kelompok B = 9,21 dengan prosentase peningkatan 21%.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Passing konvensional, audio visual, Tes keterampilan passing sepak- bola.
Subjects: Pendidikan > Kepelatihan Olahraga
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Fredi Yulianto A.Md.S.I
Date Deposited: 22 Feb 2023 07:41
Last Modified: 22 Feb 2023 07:41
URI: http://repository.utp.ac.id/id/eprint/832

Actions (login required)

View Item View Item